Pengertian Middleware

By Chaca Atmika - Tuesday, December 04, 2012

      Pengertian middleware didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP. Selain itu juga dapat diartikan sebagai teknologi yang mengintegrasikan dua atau lebih software aplikasi atau lapisan antara sistem operasi dan aplikasi untuk memungkinkan pertukaran data. 

 

Fungsi dari middlewar :
  1. Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yanga da pada sistem operasi.
  2. Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum mencakup berbagai komputer dan sistem operasi.
  3. Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal networking, security, database, user interface dan sisyem administration.

 

Contoh Middleware :
  • Java's : Remote Procedure Call
  • Object Management Group's : Common Object Request Broker Architecture (CORBA)
  • Microsoft's COM/DCOM (Component Object Model), Also . NET Remoting
      
     Database middleware yang paling umum adalah ODBC (Open Data Base Connectivity). Keterbatasan ODBC adalah bahwa middleware ini didesain untuk bekerja pada tipe penyimpanan relational database. Database middleware yang lain, merupakan superset daripada ODBC adalah OLEDB. OLEDB bisa mengakses hampir segala macam bentuk database, kelebihan yang lain dari OLEDB adalah dia didisain dengan konsep obyek komponen (Component Object Model) yang mengandalkan object-oriented computing dan menjadi salah satu trend di dunia komputasi.

 

      Beberapa produk database middleware yang bisa disebutkan di sini adalah Oracle's DB Integrator (previously DIGITAL's DB Integrator), Sybase's Omni CONNECT and International Software Group's Navigator. Kelebihan dari produk-produk ini dibandingkan dengan standard seperti ODBC dan OLEDB adalah performance yang sangat sulit dimiliki oleh suatu produk yang mengacu pada standar. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar