19 May 2016 in Singapore - Johor Bahru

Thursday, May 19, 2016

Hari ini kita check-out dari Hotel 81 Dickson jam 8 pagi dan langsung breakfast di Al-Bismi Restaurant. Karena masih pagi banget, gue pesen Western Break Fast plus Tea seharga SGD 5 yang rasanya enak dan ngenyangin banget. Beres sarapan, kita langsung ke stasiun Rochor naik MRT menuju stasiun Promenade dan bayar tiket seharga SGD 1.80 , agak PR banget sih perjalanan hari ini karna kita bakalan ngelanjutin City Tour sambil nenteng-nenteng koper haha. Nyampe stasiun Promenade kita exit ke Suntec City dan memulai tour Hippo dengan naik bus jurusan Blue Line dan lanjut dengan bus jurusan Brown Line. Nah baru deh tour dengan bus Brown Line kita mutusin buat turun di Singapore Flyer buat foto-foto di sekitar sana, walaupun sebenernya kita ngga naik Flyer hehe. Beres foto-foto, kita naik bus Brown Line lagi menuju Suntec City. Nyampe Suntec City, kita nunggu bus selanjutnya buat City Tour. Agak lama sih, karena rata-rata bus yang paling banyak itu jurusan Yellow Line, sekitar 40 menitan baru deh kita naik lagi bus jurusan Green Line. Dari bus jurusan Green Line ini kita bisa turun di Sentosa World. Di Sentosa kita cuma foto-foto di depan mini globe Universal, ngeliat Sea Aquarium dari luar dan beli oleh-oleh Hershey's Cookies n Creme buat Ardhi. Karena budget oleh-oleh gue terbatas, jadi gue beli yang buy 3 get 1 yang totalnya SGD 9 dan buat diri sendiri gue beli yang Reese's Peanut Butter Cups seharga SGD 9.90 , sedih banget deh, padahal pengen beli permen juga di Candylicious, tapi storenya lagi maintenance.
     Beres dari Sentosa, kita naik bus Green Line menuju Suntec City, karena udah sore dan hari ini jadwalnya kita mesti cus ke Johor Bahru, jadi kita langsung aja buru-buru ke stasiun Promenade buat naik MRT menuju stasiun Newton, di sini kita harus bayar tiket MRT sebesar SGD 1.70. Nyampe di Newton, kita exit di B dan menuju arah Newton Food Centre. Untuk ke Newton Food Centre kita harus nyebrang lewat jembatan penyeberangan, kebayang kan kita bawa koper terus mesti naik turun tangga, tapi nih ternyata, kalau kita maju dikit aja sampai lampu merah, kita bisa nyebarang dengan damai di sana tanpa harus cape-cape ngangkat koper hehe. Nah dari sini deh baru ketemu pemberhentian bus Newton Circus. Untuk ke Johor Bahru, kita harus beli tiket bus seharga SGD 3.30 dan naik Causeway Link dengan nomer CW5 kalau pengen turun di JB Sentral.
     Sekitar 40 menit perjalanan menuju Woodlands Checkpoint, kita harus turun di bus untuk cek imigrasi, prosesnya cepet, tapi jangan kaget ya sama orang-orang yang terkesan buru-buru banget, mungkin karena udah sore juga jadi situasinya terlihat ramai, karena kebanyakan ada orang Johor Bahru yang kerja atau kuliah di Singapore dan mau balik ke asalnya, jadi mereka pengen buru-buru nyampe juga. Beres imigrasi, kita antri buat naik bus lagi, jangan sampai salah antrian ya, karena tadi kita naik CW5, jadi kita harus antri di barisan CW dan siapin tiket bus yang tadi kamu beli ya karena akan diperiksa lagi. Ketika naik bus kalian ngga perlu ngafalin plat atau drivernya, tapi kamu bisa naik bus apapun asalkan no bus nya sesuai dengan tiket, i mean kalau tadi beli tiket CW5 berarti naik busnya juga bus CW5 lagi. Setelah naik bus, kita akan berhenti di Sultan Iskandar CIQ Complex untuk pemeriksaan imigrasi masuk ke Malaysia dan taraaaa! Kita udah sampai di Johor Bahru, tepatnya di daerah JB Sentral.
     Setelah beres, kita exit ke arah JB Sentral menuju City Square Johor Bahru, dari situ kita ke arah Persiaran Meldrum dan cari deh hotel Meldrum. Di daerah ini isinya banyak banget hotel dari yang mahal sampai yang murah, jadi pinter-pinteran milih aja sih sebenernya. Di sekitarnya juga banyak banget tempat makan, berasa pasar banget sih hehe dan agak rawan ya keliatannya, terkadang masih ada penduduk yang usil ngegodain kalau ada cewek yang lewat, ya ngga beda jauhlah sama Indonesia hehe. Karena nyampe udah jam setengah 7 malem, kita langsung menuju hotel untuk check in buat 3 hari ke depan. Di kamar Superior without breakfast ini total yang kita bayar cuma IDR 1.299.982 untuk 3 malam, tergolong murah kan? Setelah istirahat sebentar dan mandi, malamnya kita dinner di Restoran ABK Madina Corner dan gue pesen Sup Kambing + Nasi Putih seharga RM 10 yang enak banget dan isinya banyak banget so udah pasti sih gue ngga habis dan minum Milo Ais seharga RM 2.70 buat penambah tenaga, maklum ya, sepanjang hari ini banyak banget jalan yang gue lewati dengan jalan kaki hehe.