KKDN ke Bali bareng Universitas Pertahanan - Day 1

Saturday, February 23, 2019

Setelah di tahun 2018 kemaren, aku bareng anak-anak prodi DRK study visit ke Surabaya, sekarang agenda selanjutnya di perkuliahan S2 ini adalah KKDN! Awalnya sih sempet BT karena KKDN di Bali, secara aku udah bolak balik Bali mulu kan, pengennya tuh daerah di Indonesia yang belum pernah dikunjungi. Tapi setelah dipikir-pikir, momentnya pas banget sama Novy yang baru aja melahirkan, jadi kayaknya aku bakalan extend deh di Balinya.
     Nggak hanya extend, tapi juga berangkat sehari lebih awal dari yang lain. Jadi aku udah nyampe Bali dari tanggal 23 pagi naik Citilink QG 192 dari Halim berdua doank sama Wuri. Di tanggal 24 paginya kita berdua nyusul ke bandara Ngurah Rai buat ketemu temen-temen yang lain dan cultural visit bareng anak-anak dari Fakultas Keamanan Nasional! Yeayy. Udah nggak sabar buat KKDN hari pertama.
     Agenda pertama hari ini, kita ke Garuda Wisnu Kencana. Sebenernya setahun yang lalu aku udah sempat ke sini, tapi waktu itu belum jadi. Dan kali ini akhirnya ke sini lagi ketika patung GWK-nya udah benar-benar jadi.

DRK at Garuda Wisnu Kencana
     Untuk pertama kalinya juga aku nonton sendra tari di GWK yang ternyata bagus banget. Sebenernya banyak banget sih performance yang bisa kita tonton di GWK, cuma kalau diikutin semua bakalan bisa seharian, sedangkan kita punya agenda berikutnya yang mau didatengin.

Oiya, untuk makannya, kita lunch di The Beranda Restaurant yang ada di dalam GWK juga. Konsepnya buffet dan all you can eat. Buat kalian yang pengen ke GWK include makan siang, mendingan ngambil paket aja, karena harganya jadinya jauh lebih murah yaitu sekitar Rp 73.000.

Niza, Vania, Wildan, Camar, Dijah, Wuri and Chaca at The Beranda Restaurant
     Destinasi berikutnya adalah Pantai Pandawa. Kalau ini, aku baru pertama kali ke sini. Karena jujur aja, aku paling nggak suka ke Pantai gara-gara panasnya hehe. Tapi kali ini aku kayak ya udah pasrah aja deh. Kapan lagi kan?

DRK at Pandawa Beach
     Di sini ini kita bisa nyewa mobil tour keliling Pantai Pandawa dengan harga per orangnya cuma Rp 10.000. Jadi kita bakalan di anterin ke atas bukit buat fotoan di depan tulisan Pantai Pandawa yang hits itu, setelah itu bisa foto-foto di sekitar patung-patung sepanjang jalan, terus ke bawah berhenti di tower dan muterin Pantainya juga. Karena kalau jalan kaki, lumayan jauh dan capeknya itu lho.

Edward, Chaca, Wildan, Vania, Rahma, Pak Andi, Wuri and Eric at Pandawa Beach
     Selesai dari Pantai Pandawa, kita move ke Pura Luhur Uluwatu. Lagi-lagi aku udah pernah ke sini dan sayang banget kali ini nggak bisa mampir buat sembahyang karena lagi PMS. Oiya, pas di sini tuh ternyata kera-keranya udah nggak sebanyak dulu. Bahkan aku baru lihat kera aja setelah masuk bis. Biasanya kan di sekitar tangga turunan udah di sambut banyak banget kera. Tapi syukurlah ya, karena dulu pernah aksi rebutan jeday sama kera yang lumayan bikin trauma hehe.

Chaca, Wuri, Bu Ira, Alifia, Dijah, Edward, Bu Desi, Wildan, Vania, Agung and Pak April at Uluwatu Temple
     Next destination, karena udah sore akhirnya kita sekalian makan malam di Gamma Cafe and Rooftop Bar kawasan Nusa Dua. Konsepnya buffet dan all you can eat gitu. Di sini juga ada tempat buat karaoke sambil makan, jadi bisa having fun bareng teman-teman sambil makan-makan cantik. Sayangnya kita nggak ikutan karaoke karena udah cape juga dan mutusin buat langsung balik ke hotel.
     Jadi, selama 5 hari ke depan, kita bakalan nginep di White Rose Kuta Resort and Villas kawasan Legian. Oiya room mate aku kali ini barengan sama Sekar. Penasaran kan gimana aku bisa akur sama Sekar selama 5 hari ini? hehe. Dan karena kita nyampe hotel udah sekitar jam setengah 8-nan, saatnya buat istirahat dan prepare buat KKDN hari kedua besok!