Pentingnya Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Bermasyarakat

Saturday, October 01, 2011

             Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan bangsa. Di setiap suku bangsa di Indonesia memiliki bahasa daerahnya masing-masing yang tentunya berbeda satu sama lain. Karena keanekaragaman inilah yang membuat adanya suatu cara untuk menyatukan keragamanan atau variasi bahasa, yaitu dengan membuat bahasa pemersatu yang kita sebut bahasa Indonesia.
            Dalam kehidupan sehari-hari sendiri, bahasa Indonesia mempunyai berbagai macam tingkatan, seperti bahasa untuk kehidupan sehari-hari atau istilahnya bahasa pergaulan, serta tata bahasa dalam berbicara terhadap seseorang yang lebih tua.
            Untuk kehidupan sehari-hari atau bermasyarakat, terkadang kita menggunakan bahasa Indonesia yang sederhana, tidak terlalu baku dan kaku seperti pada Ejaan yang Disempurnakan. Hal tersebut tentu saja mempermudah kita dalam menangkap suatu maksud dalam suatu pembicaraan yang menggunakan bahasa Indonesia. Namun terkadang tatanan bahasa yang kita pakai membuat beberapa kata menjadi kompleks.
Kompleks di sini dalam artian tata cara penulisan dan pengejaan suatu kata. Misalnya saja saat kita menyebut nama hari, yaitu hari Senin terkadang karena terlalu cepat mengucapkan atau tidak ingin terlalu baku, beberapa orang menyebutnya menjadi “Senen”. Atau pada saat menyebut kata “tidak” menjadi “enggak”. Memang benar jika kita mengerti maksudnya, namun untuk hal Ejaan yang Disempurnakan hal itu disalahkan.
Kurangnya pemahaman terhadapa ejaan yang benar terkadang membuat kita yang sudah  terbiasa mengucapkan kata-kata yang salah menjadi keterusan. Hal ini bisa berdampak pada saat kita menulis sebuah karangan atau penulisan ilmiah yang mengharuskan kita untuk mengeja dengan ejaan yang baku dan benar.
Terkadang banyak yang mengatakan “untuk apasih kita mempelajari bahasa Indonesia?” pada kenyataannya kita tinggal di Indonesia dan tidak penting juga untuk memasukkan Bahasa Indonesia dalam ujian akhir di Sekolah Menengah Atas maupun Bawah. Banyak yang mengatakan kalau bahasa Indonesia sangat mudah. Memang betul mudah, namun karena terlalu menyepelekan inilah yang membuat kita terkecoh dengan bahasa Indonesia itu sendiri. Tidak diherankan bukan jika banyak pemberitaan yang menyatakan bahwa sebagian besar anak-anak sekolah tidak lulus untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Tentu saja hal ini sangat disayangkan sekali.
Maka dari itu sangat penting tatanan bahasa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat. Mungkin sebagian besar dari kita sangat susah mengucapkan bahasa yang benar karena sudah terlanjur keenakan dengan pelafalan yang salah. Untuk itu perlu dibiasakan dengan mengucapkan yang benar.
Misalnya saja pada saat kita berbicara kepada orang yang lebih tua. Tentu kita tidak bisa seenaknya dalam berbahasa. Perlu adanya pemilihan kata dan pelafalan yang benar. Dengan pemilihan kata yang benar akan menunjukkan etika kita dalam berbahasa kepada orang yang lebih tua. Dan orang yang lebih tua pun akan menilai kita sebagai pribadi yang sopan dan tahu aturan.
Oleh karena itu sangatlah penting dalam menata tutur kata dalam berbahasa Indonesia di masyarakat. Kita bisa memulai dari hal kecil dahulu seperti saat kita berbicara pada orang tua, nenek atau kakek, serta kakak. Dengan membiasakan diri menata cara berbahasa inilah yang dapat secara tidak langsung terbawa dalam pergaulan kita sehari-hari di kehidupan masyarakat. Dengan tidak menyepelekan bahasa Indonesia juga berpengaruh dalam memperbaiki tatanan bahasa Indonesia kita.
Karena bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu bangsa dan juga menjadi cirri khas dari bangsa Indonesia sendiri, sebaiknya diperlukan pembelajaran dalam hal tatanan berbahasa Indonesia di kehidupan masyarakat. Hal ini diupayakan agar tidak munculnya propaganda atau salah pengertian terhadap suatu maksud dalam bahasa Indonesia itu sendiri.
Malu kan kalau orang Indonesia asli tapi malah tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau malah kalah dengan orang asing yang ingin mempelajari bahasa Indonesia dan dapat mempraktekkannya dengan sangat baik.

You Might Also Like

1 komentar

  1. wah.... dapat bahan makalah nih.....
    thanx... (0_\\/)

    ReplyDelete

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *