Penyanyi Indonesia yang Go International

Saturday, May 03, 2014

Agnes Monica
     Tidah hanya terkenal di Indonesia, beberapa musisi berikut mampu membesarkan namanya di kancah musik internasional.
     Anggun Cipta Sasmi. Artis Indonesia yang albumnya paling banyak terjual di luar negeri ini, merupakan salah satu musisi Asia yang paling laris di kancah internasional. Anggun adalah satu-satunya artis Indonesia yang memiliki lagu hits nomor 1 di Perancis, Belgia, Swiss, Portugal, Spanyol, Italia dan Indonesia. Beberapa penghargaan diraih Anggun, diantaranya anugerah pretisius "Chevalier des arts et Lettres", dari pemerintah Perancis. Kelahiran Jakarta, 29 April 1974 ini merekam album pertamanya di Indonesia berjudul "Dunia Aku Punya". Namun namanya baru melambung setelah merilis single berjudul "Mimpi" pada 1989.
     Pada 1997, Anggun berhasil mencetak album internasional pertamanya yang berjudul "Snow on the Sahara" dalam bahasa Indonesia, Inggris dan juga Perancis dan dirilis di 33 negara. Sejak saat itu, Anggun telah menghasilkan 5 album internasionalnya yang direkam dalam multi bahasa. Ia juga telah berkolaborasi dengan banyak artis mancanegara, diantaranya Julio Iglesias, Peter Gabriel dan Pras Michel dari grup The Fugeese. Anggun juga pernah bernyanyi langsung bersama Bryan Adams, Celine Dion, Charles Aznavour, David Foster dan musisi kelas dunia lainnya.
     Berikutnya, ada Sandhy Sondoro. Penyanyi sekaligus pencipta lagu ini memulai karier musiknya di Jerman. Di jalanan Berlin ini, Sandhy mulai dikenal dan berkenalan dengan sejumlah musisi dan produser. Karya musiknya mendapat apresiasi positif di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya, setelah ia mengeluarkan album "Why Don't We" pada 25 April 2008, dengan single pertama berjudul "Shine". Pada Agustus 2008, KBRI Jerman memberikan anugerah Satya Lencana Karya Satya atas jasanya mengharumkan nama Indonesia.
     Kelahiran Jakarta, 12 Desember 1973 ini, pertama kali mengguncang dunia internasional melalui kemenangannya di Festival penyanyi muda internasional New Wave 2009 Latvia. Sandhy bahkan sempat bernyanyi sepanggung dengan penyanyi dunia sekelas Toni Braxton dan Gloria Estefan dalam acara "Dianne Warren and Friends" di Palladium Teater Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Tercatat 4 album yang dimiliki Sandhy, Why Don't We, Jazz in the City with Sandhy Sondoro, Sandhy Sondoro dan Find the Way.
      Siapa yang tidak kenal dengan Agnes Monica. Sejak kecil, Agnes memang sudah aktif bernyanyi di layar kaca. Pada tahun 2003, Agnes merilis album dewasa pertamanya yang berjudul And the Story Goes. Kesuksesannya di tanah air, mendorong Agnes memasang target untuk dapat berkarier di dunia musik internasional. Pada album keduanya yang berjudul Whaddup A'..?!, ia menggandeng penyanyi asal Amerika Serikat, Keith Martin untuk bekolaborasi.
     Agnes berhasil meraih penghargaan di ajang Asia Song Festival, di Seoul Korea Selatan pada 2008 dan 2009. Ia pun mulai terlibat sebagai produser dan penulis lagu pad
a album ketiganya yang berjudul Sacredly Agnezious.
     Pada 2010, Agnes menjadi salah satu pembawa acara ajang penghargaan tahunan bergengsi American Music Award di Los Angeles, Amerika Serikat. Di ajang tersebut, ia juga berduet dengan penyanyi asal Meksiko, Christian Chavez menyanyikan lagu berjudul En Donde Estas.
     Bahkan di tahun lalu, Agnes resmi merilis debut album internasionalnya yang bertajuk Agnez Mo dan berkesempatan bekerja sama dengan Rapper kondang asal Amerika, Timbaland. Agnes juga merupakan satu-satuya penyanyi Indonesia yang memiliki grup dance sendiri bernama Nezindahood.
Edited : Fachrozi Hadi
Tayang : Tuesday, 29 Apil 2014

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *