Situs Web (Situs Kelas)

Thursday, April 19, 2012

Website adalah sebutan bagi sekelompok halaman web-web page, yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain ( domain name ) atau subdomain di World Wide Web ( WWW ) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” ( root ), yang disebut homepage (halaman induk ; sering diterjemahkan menjadi “beranda“, “halaman muka” atau laman web) dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik ( e-mail ) dan lain-lain.

Definisi Situs Web

     Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. 
     Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan. 
     Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

Sejarah Situs Web

     Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

     Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.
     Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft InternetInformation Services - IIS .

Macam-macam Situs Web

     Static Website atau Website Statik adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah : 

  1. Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor tersebut.
  2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
  3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.

Dynamic Website atau Website Dynamic adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.    
 Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa diantaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis. Situs juga bisa termasuk didalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML, contohnya adalah RSS. Isi situs yang statis juga secara periodik di generate, atau, apabila ada keadaan dimana dia butuh untuk dikembalikan kepada keadaan semula, maka dia akan di generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya supaya tetap terjaga.    
 Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang dirubah, tak perlu di load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.   
Seperti yang tertulis di atas, di luar sana ada beberapa perbedaan dalam penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, Academia, dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan 2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminologi umum, namun kependekan dari World Wide Web.
Sumber : Wikipedia


Gambar dibawah ini contoh dari template situs kelas :
 
Adapun step – step membuat situs kelas : 

LANGKAH 1: melakukan pekerjaan rumah Anda!

     Penelitian yang solid adalah dasar dari setiap proyek, apakah proyek yang merupakan mahasiswa-laporan atau tulisan ilmiah yang dibuat guru Web Site. Dalam hal ini, Anda akan ingin memeriksa beberapa situs Web yang ada untuk menemukan apa yang Anda suka dan tidak suka tentang mereka.

     Untuk mengetahui apa yang tidak harus dilakukan, mulai dengan kunjungan ke Website Terburuk Dunia , di mana Anda akan mengalami semacam overload sensorik - jenis Anda akan tahu bahwa Anda ingin menghindari. Kemudian, mampir di Halaman Web Itu Sedot untuk gambaran yang lebih lengkap tentang desain web tidak boleh dilakukan. Pada saat Anda selesai, Anda akan belajar aturan pertama untuk membuat halaman Web Anda sendiri - Keep It Simple!
    Selanjutnya, menjelajahi beberapa situs yang layak. Pendidikan Dunia Web Wizards fitur menawarkan contoh yang sangat baik dari guru-situs Web dibuat. Perhatikan apa setiap situs menyediakan dan membuat daftar dari elemen-elemen dan fitur yang akan sesuai untuk situs Anda juga. Jika Anda melihat sesuatu yang spesifik yang Anda sukai - fitur luar biasa, gambar clip art yang sempurna, warna sekolah Anda atau tata letak yang menarik, misalnya - bookmark situs tersebut.
     Akhirnya, pastikan untuk penelitian district pedoman dan kebijakan untuk posting web. Banyak kabupaten atau sekolah membutuhkan guru halaman 'untuk memasukkan informasi tertentu. Dan melarang mereka dari posting informasi lain Dapatkah Anda mempublikasikan foto siswa, pribadi Anda alamat e-mail, contoh pekerjaan siswa Harus Anda mempublikasikan sekolah Anda alamat e-mail , link ke homepage sekolah, atau penggunaan kebijakan daerah yang dapat diterima?

LANGKAH 2: menyusun rencana

     Perencanaan adalah faktor yang paling penting dalam setiap proyek. Sebelum mengetik kata atau mencari grafis tunggal, akan perlu menentukan tujuan dari halaman Web dan audiens yang dimaksudkan. Apakah Anda membuat situs untuk membuat orangtua menyadari kegiatan kelas, untuk memberikan hotlink kurikuler bagi siswa, untuk menawarkan membantu pekerjaan rumah, pelajaran tambahan, dukungan orangtua dan sumber daya masyarakat? Tujuan situs Anda dan audiens akan membantu menentukan fitur yang Anda berikan.

     Selanjutnya, Anda perlu menentukan fitur tertentu halaman Anda akan menawarkan. Gunakan Storyboard Sederhana template untuk menggambar tata letak kasar dari halaman yang sebenarnya. Untuk halaman Web awal, membatasi diri hanya beberapa fitur; informasi kontak Anda, silabus, kalender acara dan link ke homepage sekolah adalah awal yang baik. Kemudian, Anda dapat menambahkan fitur lain, seperti hotlists kurikulum, foto-foto aktivitas kelas, tugas pekerjaan rumah dan banyak lagi. Untuk saat ini, ingat Peraturan Nomor Satu dan tetap sederhana!
     Tantangan sebenarnya, tentu saja, datang dalam memutuskan bagaimana Anda ingin fitur pada halaman Web Anda untuk melihat dan mencari tahu bagaimana membuat mereka terlihat seperti yang Anda inginkan. Storyboard Tata Letak template akan membantu Anda berpikir tentang beberapa elemen dasar untuk dimasukkan dalam Anda desain halaman dan membantu Anda memastikan elemen-elemen konsisten di seluruh situs Anda. 

LANGKAH 3: CREATE SITUS

     Pertama, meninjau Dasar HTML techtorial, yang menyediakan instruksi sederhana untuk membuat halaman Web. Kemudian, ketik teks untuk situs Anda ke dalam dokumen pengolah kata standar. Untuk halaman Web awal, yang terbaik untuk menempel font yang paling diterima secara universal - Arial atau Times New Roman pada PC, dan Helvetica atau Times pada Macintosh. Sebuah ukuran font 12 cocok untuk body text paling.

     Gunakan pemeriksa ejaan Anda untuk memeriksa ejaan teks Anda, tanda baca dan tata bahasa. Tidak ada detracts dari profesionalisme dari sebuah situs Web cukup sebanyak ejaan dan kesalahan tata bahasa! Bila Anda yakin akurasi, menyalin teks dan paste ke sebuah file Notepad. Buka folder baru, beri nama folder yang jelas dan tepat (seperti kelas 1 Halaman Web) dan menyimpan file Notepad untuk folder itu. Pastikan untuk mengikuti petunjuk di techtorial untuk menyimpan teks Anda. Tempatkan folder pada Desktop Anda.
     Sekarang waktunya untuk memformat teks di Notepad. Untuk format sederhana, Anda dapat menggunakan Cheat Sheet HTML untuk menemukan tag yang benar. Tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat menemukan tag yang Anda butuhkan untuk gaya format tertentu? Ingat situs yang Anda bookmark pada Langkah 1? Cari situs dengan format yang Anda cari, buka File dalam menu bar dan klik View Source. Dalam kebanyakan kasus, yang akan memungkinkan Anda untuk melihat tag HTML yang digunakan di situs tersebut. Cukup menggunakan tag yang sama dengan teks Anda sendiri dan masalah terpecahkan!
     Selanjutnya, mengumpulkan grafis Anda. Ambil clip art yang sesuai pendidikan dari sumber seperti Clip Art Pendidikan atau scan seni Anda sendiri atau foto ke komputer Anda. Berikan setiap nama file grafis dengan mudah diakui dan simpan sebagai. Gif file dalam folder baru. (mungkin nam folder Graphics Web Kelas 1 Halaman, misalnya.) Tempatkan grafis folder di dalam folder halaman Web yang Anda telah disimpan di Desktop Anda.
     Sekarang, menyisipkan tag-tag untuk setiap gambar ke daerah yang sesuai dari file Notepad anda. Penandaan HTML untuk gambar ini. (Pastikan nama file dalam tag cocok persis nama file gambar Anda).
     Perhatikan bahwa penandaan di atas akan menyelaraskan gambar Anda ke sisi kiri jendela browser. Untuk mengubah alignment, Anda harus menambahkan tag tambahan. 
akan menyelaraskan gambar Anda di sisi kanan jendela. 
     Sekarang ikuti petunjuk di Dasar-Dasar HTML techtorial untuk melihat situs Anda. Buka File dalam menu bar dan klik View Source untuk melihat penandaan Anda dan membuat perubahan yang diperlukan.  

LANGKAH 4: POST SITUS ANDA KE WEB 

     Bila halaman web Anda diformat untuk kepuasan Anda, hubungi Webmaster sekolah Anda untuk mengetahui bagaimana untuk meng-upload ke situs Web sekolah. Dalam kebanyakan kasus, Webmaster akan menangani tugas itu untuk Anda. Jangan lupa untuk menanyakan tentang memelihara situs Anda juga. Tidak terlihat tackier atau kurang profesional dari sebuah situs Web jelas ketinggalan jaman! Jika Anda sudah menyimpan situs, pemeliharaan hanya harus mengambil beberapa menit sebulan.

WEB DESAIN TIPS  

Tips berikut untuk membuat halaman Web pertama yang terlihat profesional :

  • Menyediakan berita utama yang jelas dan sederhana dan judul halaman.
  • Hindari elemen halaman yang bergerak terus-menerus.
  • Jangan menyertakan suara yang bermain secara otomatis.
  • Minimalkan bergulir. Never expect users to scroll more than three screen lengths. Jangan berharap pengguna untuk menggulir lebih dari tiga panjang layar.
  • Jauhkan paragraf pendek dan ukuran halaman kecil.
  • Batasi ukuran gambar menjadi kurang dari 20k masing-masing.
  • Hindari latar belakang terlalu-sibuk atau multi-warna. Leave lots of white space. Meninggalkan banyak ruang putih.
  • Batas animasi.
  • Gunakan font yang sama di seluruh. Stick to universal fonts. Stick untuk font yang universal.
  • Menjaga situs dan update secara teratur.

Membuat halaman Web adalah seperti keterampilan lainnya itu membutuhkan waktu dan latihan untuk menguasai seluk-beluk proses. Tapi jika Anda mulai dengan dasar-dasar dan menambah pengetahuan Anda sedikit, Anda akan menjadi penulis Web dalam waktu singkat.
will align your image on the right side of the window.

You Might Also Like

2 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *