Tetap Produktif Selama Work From Home Bersama The Spectrum Talks by Suitmedia

By Chaca Atmika - Tuesday, November 10, 2020

     Merebaknya virus Corona atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 di hampir seluruh dunia termasuk Indonesia menciptakan sejumlah aturan baru guna menekan percepatan penyebaran virus, salah satunya adalah dengan Work from Home (WFH) untuk para pekerja. Bagi sebagian orang WFH tentu tidak semudah dan semenyenangkan yang dibayangkan, terutama dalam hal mempertahankan produktivitas kerja. 
 
     Sebelum adanya pandemi Covid-19 ini, sebenarnya kita sudah mengenal yang namanya Remote working, namun memang belum semua departement terbiasa melakukan hal ini. Tapi sekarang, kita semua terpaksa untuk bisa melakukan hal ini dengan istilah baru yaitu Work from Home. Melihat situasi saat ini, bukan tidak mungkin ke depannya Work from Home adalah "new normal" dari Remote Working dengan lebih mengedepankan fleksibelitas, di mana mereka bisa menentukan sendiri jam kerjanya dan lebih fokus pada "task" yang sedang dikerjakan.
 
     Bagi pekerja khususnya daerah Jabodetabek, WFH menjadi kesenangan tersendiri apalagi dengan adanya kemacetan di Jakarta pada saat pagi hari dan jam pulang kantor yang selalu membuat para pekerja kantoran menjadi lebih banyak menghabiskan waktu di jalan. Namun, bekerja di rumah pun menjadi tantangan bagi para Bapak atau Ibu yang sudah memiliki anak, sehingga distraction yang terjadi pun lumayan banyak dan menggangu fokus.
 
Podcast The Spectrum Talks Presented by Suitmedia
Photo source : freepik
     Kenyamanan jam kerja pada Work from Home tentu juga menimbulkan kendala terutama pada kolaborasi dari member team. Dengan begitu kita harus bekerja lebih ekstra komunikasi serta memanage team agar tidak timbul perasaan terlalu terisolasi di rumah dengan pekerjaan dan kurangnya sosialisasi bersama teman. Sembari mengurangi rasa bosan bekerja di rumah, terkadang aku juga suka nonton youtube ataupun mendengarkan podcast yang berisi sharring-sharring tips agar tetap produktif walauh harus di rumah saja. Contohnya seperti salah satu episode favorit aku di podcast Spectrum Talks Presented by Suitmedia yang membahas tentang "How to Stay Productive while Working from Home".
 
Podcast The Spectrum Talks Presented by Suitmedia
The Spectrum Talks Presented by Suitmedia
     Di episode tersebut membahas tentang bagaimana sih komunikasi yang efektif selama WFH, proses merekrut pekerja baru sampai bagaimana memanage hubungan dengan klien selama WFH. Seru banget sih di podcast The Spectrum Talks ini para team dari Suitmedia sharring agar WFH berjalan dengan lancar, setiap individu harus tau dengan pasti plan, task dan timeline masing-masing. Kita pun harus memastikan rules dan responsibility dari masing-masing team. Dengan begitu komunikasi adalah kunci agar lebih bisa fokus dan memperjelas next step dalam melaksanakan setiap pekerjaan.
 
     Untuk menunjang produktivitas dalam WFH pun, perlu adanya kesepakatan di awal seperti jam mulai kerja, ataupun toolsnya yang digunakan untuk bekerja. Saat ini sudah mulai banyak tools populer yang dapat menunjang pekerjaan kita dari rumah seperti Google Hangout, Teamwork ataupun Whats App Group untuk mempertahankan high performance
 
     Banyak banget pembahasan seru di podcast The Spectrum Talks Presented by Suitmedia ini setiap episodenya dan menambah insight juga untuk kita. Suitmedia ini sendiri merupakan digital agency Indonesia yang berpusat di Jakarta sejak tahun 2009 yang memiliki spesialisasi di bidang web dan mobile application development, serta integrated digital marketing. Saat ini Suitmedia sudah bekerja sama dengan ratusan klien terutama dari perusahaan besar dengan fokus transformasi digital di setiap lini bisnis, seperti Bursa Efek Indonesia, Bank BCA, Sharp Electronics, Astra Group, Danone Group, Wings Group dan lainnya. Tidak hanya itu saja, Suitmedia yang saat ini sudah memiliki kantor cabang di Bandung, Yogyakarta dan Singapura ini juga membantu mengembangkan startup teknologi seperti Bukalapak, HIJUP, Kitabisa, Nebengers dan Panti.id.

     Buat kalian yang suka dengerin sharring bermanfaat di podcast The Specturm Talks dan nggak mau ketinggalan obrolan seru berfaedah setiap episodenya bisa langsung follow The Spectrum Talks serta follow juga social media @spectrum.talks dan @suitmedia. 
 

  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Suamiku suka banget sama podcast, aku mau rekomendasiin ke suamiku hihi

    ReplyDelete
  2. Kakakku yang sering melakukan podcast gitu kak

    ReplyDelete
  3. Infonya oke nih, krna aku baru tau ada podcast dari suitmedia.. boleh deh nanti ceki2 langsung

    ReplyDelete
  4. Pilihan bagus nih buat podcast, aku suka dengerin podcast jg, jadi nambah referensi

    ReplyDelete