E-Business

Friday, February 08, 2013

     E-business (sering disebut electronic business) yaitu penggunaan sistem informasi, teknologi informasi, internet dan hubungan interaktif antara konsumen, mitra dan suppliers untuk mendukung proses bisnis utama. Proses bisnis utama pada suatu organisasi biasanya terkait dengan fungsi-fungsi (primary functions dan support functions) yang terdapat pada model value chain yang dikembangkan oleh Porter. 
     E-Business adalah mengacu pada lingkungan yang melebih luas dan mencakup pelayanan customer, kolaborasi dengan mitra bisnis dan transaksi elektronik internal dalam sebuah organisasi 
     E-Business adalah salah satu bidang bisnis yang menggunakan teknologi internet untuk menjalin sebuah lingkungan bisnis yang tidak hanya berkegiatan meliputi penjualan, pembelian dan jasa saja namun juga meliputi pelayanan terhadap pelanggan dan penciptaan relasi bisnis antar sesama pebisnis melalui jaringan internet baik secara individu maupun instansi. Dalam E-business terdapat beberapa hal penting yang sering di sebut dengan E-Business Application dalam application ini terdapat beberapa poin penting yang menjadi bagian-bagian dari e-business application diantaranya adalah ERP ( Enterprise Resource Planning ), CRM ( Customer Relationship management ), EAI ( Enterprise Application Integration ) dan SCM ( Supply Chain Management ) bagian bagian inilah yang manjadi poin-poin penting dalam membangun atau menjalankan sebuah bisnis yang berbasiskan elektronik internet atau yang lebih banyak di kenal sebagai berbisnis menggunakan jaringan world wide web ( E-Business ). 
     Banyak definisi tentang e-business yang terdapat dalam literatur dan internet. Berikut ini adalah beberapa di antaranya : 
     E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002). 
     E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill). 
     Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi dan manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall). 
     E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. PrenticeHall).  
     Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry). 
      Menghubungkan sistem teknologi informasi tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business. (Daniel Amor. 2000. The E-business Revolution. Prentice Hall). 
     E-business adalah mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen dan kolaborasi antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali digunakan salah satunya oleh IBM pada tahun 1997. (SearchCIO.com). 
     Perusahaan di internet; Penggunaan internet untuk pengelolaan bisnis misalnya untuk menghubungkan dengan konsumen, supplier, pekerja dan rekan bisnis. Perusahaan yang menggunakan teknologi internet. (MSN Encarta) 
      Definisi e-business secara sederhana adalah penggunaan internet untuk berhubungan dengan konsumen, rekan bisnis dan supplier. Penggunaan internet menyebabkan proses bisnis menjadi lebih efisien. Dalam penggunaan e-business, perusahaan perlu untuk membuka data pada sistem informasi mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi dengan konsumen, rekan bisnis dan supplier dan dapat bertransaksi secara elektronik dengan mereka memanfaatkan internet. Beda e-business dengan e-commerce adalah e-commerce hanya berupa transaksi secara elektronik di internet sedangkan e-business termasuk juga pertukaran informasi secara online misalnya sebuah perusahaan manufaktur membagi informasi persediaan bahan baku ke supplier, sebuah lembaga keuangan membagi informasi tentang perbankan, credit card, dan lain lain dengan konsumen mereka dan sebagainya. (Executive Guides: Business To Customer www.netessence.com.cy). 
      E-bisnis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet atau penggunaaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivitas dan keutungan dari suatu bisnis.

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *