Kisah Presiden yang Dijadikan Film

Friday, July 11, 2014


     Pengaruh besar seorang Kepala Negara, memberikan inspirasi bagi sejumlah sutradara untuk membuat film bertema kisah Presiden. Berikut kisah para Presiden yang diangkat menjadi film.
     Lincoln, film arahan sutradara Steven Spielberg ini, dibuat berdasarkan buku biografi Abraham Lincoln, berjudul Team of Rivals: The Political Genius of Abraham Lincoln, karya Doris Kearns Goodwin. Film drama sejarah Amerika Serikat ini, dirilis pada 9 November 2012. Aktor Daniel Day-Lewis berperan sebagai sang Presiden. Film Lincoln tidak menceritakan seluruh perjalanan Presiden Amerika ke-16 ini. Film berkisah tentang masa ketika perang sipil berakhir, benturan politik yang dialami Abraham Lincoln, serta perjuangan Lincoln dan orang-orang kuat yang ada dalam kabinetnya, untuk menghapuskan sistem perbudakan di Amerika Serikat dan mengakhiri perang saudara.
     Masih dari Amerika Serikat. Film kedua berjudul 2016 : Obama’s America. Film dokumenter karya Dinesh D’souza ini, mengungkapkan perjuangan masa lalu dari seorang Presiden kulit hitam yang diyakini dapat mengubah Amerika. Pada tahun 2008, warga Amerika mengharapkan seorang pemimpin yang dapat mengatasi gejolak ekonomi dan perang. Sesuai dengan cita-cita Amerika, mereka menggantungkan harapan pada Presiden yang baru, Barack Obama. Tetapi di balik kharisma Obama, dia juga manusia yang memiliki masa lalu. Film ini menceritakan sisi positif Obama yang mampu berpikir rasional, tahu menempatkan diri dan mempunyai ambisi untuk menjadikan Amerika dan seluruh dunia menjadi lebih baik.
     Selanjutnya dari Indonesia. Sebuah film menceritakan kisah hidup Presiden pertama berjudul Soekarno. Film karya Hanung Bramantyo yang dirilis pada 11 Desember 2013 silam, dibintangi oleh Ario Bayu sebagai Soekarno. Film ini mengambil latar cerita kehidupan di tahun 1920 hingga kemerdekaan Republik Indonesia. Lika-liku romantisme kehidupan Soekarno bersama istrinya Inggit Garnasih dan Fatmawati juga mewarnai cerita film ini. Termasuk andil mereka demi mewujudkan cita-cita Indonesia merdeka.

On air : Wednesday, 9 July 2014
Edited : Wilibrodus Marianus

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *