Kegiatan-Kegiatan Menarik di Pegunungan

Tuesday, January 06, 2015

     Tidak hanya mendaki, ternyata masih banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pegunungan. Mulai dari menikmati pemandangan hingga olahraga ekstrem.
     Berkemah di pegunungan mungkin hal yang biasa, tapi bagaimana jika berkemah dengan bergelantungan di pegunungan? Kegiatan wisata ini bisa kita lakukan di pegunungan Alpen Bavaria tepatnya di Waldseilgarten Hollshlucht, Jerman Selatan. Para pengunnjung khususnya pemanjat tebing akan diangkat ke atas tebing dengan membawa kantong tidur dan beberapa makanan kecil. Menariknya kita dapat menikmati pemandangan yang luar biasa dari atas gunung. Tenda menggantung yang digunakan untuk beristirahat para pemanjat tebing ini dinamakan portaledge. Dirancang khusus dengan ketahanan yang cukup kuat dan dapat melindungi para pemanjat tebing dari cuaca dingin pada malam hari dan bahkan salju. Portaledge pertama kali dikembangkan pada tahun 1950, ketika para pemanjat tebing mulai melakukan ekspedisi besar dan membutuhkan tempat yang aman untuk beristirahat pada malam hari di atas tebing. Banyak orang yang sering bertanya-tanya mengapa para penggemar portaledge melakukan hal ini. Alasan yang sering dikemukakan adalah sensasi berkemah yang tidak ada bandingannya.
     Berikutnya slackline. Salah satu cabang olahraga dengan berjalan di atas seutas tali yang  diikatkan dari titik satu ke titik lain ini bisa dilakukan di mana saja. Slackline adalah termasuk salah satu olahraga ekstrim yang menitikberatkan pada keseimbangan yang memakai tali antara dua titik. Slackline mampu dengan cepat berkembang karena kesederhanaan, fleksibilitas dan kemampuannya untuk dilakukan bi berbagai tempat. Para penggiat yang bermain slackline biasanya disebut slackers. Keunikan dari slackline dari olahraga ekstrim lainnya, terletak pada sensasi psikologisnya. Slackline lebih menekankan pada upaya mendobrak batas mental manusia. Selain itu, slackline bermanfaat untu melatih konsentrasi dan fokus. Termasuk di tebing pegunungan. Bisa dibayangkan kan bagaiman ketegangan yang dirasakan ketika melewati ketinggian hanya dengan seutas tali, walu dengan menggunakan pengaman sekalipun. Hebatnya juga, ada yang berani melakukan kegiatan ekstrem ini tanpa menggunakan pengaman.
     Dan yang terakhir, menyusuri jalan setapak di sebuah tebing pegunungan. Kita akan diajak untuk berjalan pada sebuah papan kayu yang hanya cukup dilalui satu orang. Dari ketinggian ribuan kaki dari atass tanah, jalan kayu yang dibuat 700 tahun lalu itu bernama Chang Kong dan berada di pegunungan Haushan propinsi Shaanxi, China. Jalan yang hanya selebar kaki ini dibangun dengan menempel pada tebing vertikal curam. Untuk menghindari kecelakaan, kita harus menyusuri tebing itu menggunakan pengaman.
On Air Saturday, 13 December 2014
Edited by Fachrozi Hadi

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *