3 Lift Outdoor yang Ada di Dunia

By Chaca Atmika - Friday, January 02, 2015

     Elevator atau lift sudah lazim terdapat di gedung-gedung pencakar langit, di kota-kota besar di dunia. Namun bagaimana kalau elevator ini berada di luar ruangan? hmm.. Tentu menjadi pengalaman tak biasa bagi yang menaikinya.
 
     Stockholm Globe Arena. Bangunan ini berbentuk separuh bola golf ini berada di kota Stockholm, Swedia. Salah satu yang terkenal daribangunan ini adalah elevatornya. Kita bisa naik ke puncak bangunan dengan menggunakan elevator melingkar. Dari elevator yang berada di ketinggian 425 kaki di atas permukaan laut ini, kita bisa menikmati pemandangan yang fantastis dari kota Stockholm, serta sensasi ketinggiannya.
 
     Selanjutnya Bailong Elevator. Elevator luar ruang tertinggi di dunia ini berada di tebing Wulingyuan di Zhangjiajie, China. Ketika menaiki elevator dengan ketinggian 1.070 kaki ini, kita bisa menikmati sensasi ketinggian tebing dan melihat keindahan pemandangan alam yang menakjubkan. Bailong elevator bisa mengangkut 50 orang sekaligus dan membawa orang berwisata ke pegunungan Wulingyuan, sehingga kita tidak perlu bersusah payah naik ke puncak lembah dan hanya memerlukan waktu 2 menit saja. Karna jika kita berjalan kaki, kita harus menghabiskan waktu selama 2,5 jam.
 
     Dan yang terakhir, Hammetschwand elevator. Lift tertinggi di Eropa dengan pemandangan terindah di dunia ini terletak di Burgentstock, Swiss. Letak lift yang berdiri di tebing batu curam ini sangat mengagumkan. Lift yang berfungsi untuk membawa pengunjung dari stasiun bawah tanah menuju puncak gunung melalui rute Felsenweg yang berbatu ini hanya menempuh waktu kurang dari satu menit. Lift yang berbahan dasar besi dan kaca ini menyajikan salah satu pemandangan terindah di Swiss. Walaupun terlihat menyeramkan, perjalanan lift singkat ke puncak gunung Burgenstock ini diperkirakan akan terus beroperasi untuk 100 tahun mendatang.
 
On Air Saturday, 6 December 2014
Edited by Fachrozi Hadi
 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar