7 Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

By Chaca Atmika - Tuesday, February 27, 2024

     Berkunjung ke bengkel sudah menjadi ritual bulanan yang perlu dilakukan bagi kita yang memiliki kendaraan beroda seperti sepeda motor, agar memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima. Hal ini tentu bertujuan untuk menjaga performa dan kenyamanan sepeda motor saat berkendara.
      Sebagai seorang perempuan, mencari bengkel motor terbaik tidak mudah dilakukan karena banyaknya oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab dengan mencurangi ataupun berbohong kepada konsumen. Apalagi jika diketahui konsumennya adalah seorang perempuan, terkadang mekanik di bengkel menganggap kita tidak paham tentang mesin atau suku cadang sehingga dengan mudahnya memberikan harga lebih tinggi dibandingkan harga pasaran demi mendapatkan keuntungan besar.
     Pada beberapa oknum bengkel nakal, terkadang mereka menjelaskan kepada konsumen bahwa ada suku cadang yang perlu diganti, padahal faktanya suku cadang tersebut masih dalam kondisi layak pakai. Sebagai konsumen, terutama perempuan yang tidak memiliki pengetahuan terkait kondisi suku cadang, terkadang membuat kita mau tidak mau mengikuti apapun yang dikatakan oleh mekanik. Sehingga hal ini bisa menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi kita, apalagi jika kita harus membayar lebih besar dari harga sebenarnya, pastinya kita akan menyesal donk suka berkunjung ke bengkel tersebut.
     Tapi sekarang, kalian terutama perempuan nih, nggak perlu khawatir lagi atau takut dicurangi jika harus datang ke bengkel, karena aku punya 7 tips memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor, pokoknya anti rugi dan dijamin aman! Penasaran? Keep scrolling!

Riset Harga Suku Cadang dan Layanan

Pada dasarnya tidak banyak bengkel yang memberikan harga secara terang-terangan kepada  konsumen. Maka dari itu, konsumen harus aktif bertanya kepada staf atau mekanik bengkel mengenai harga produk serta layanan yang ingin dilakukan. Namun sering sekali di beberapa tempat, pihak bengkel tidak jujur dalam memberikan harga suku cadang.
Tips pertama sebelum ke bengkel, pastikan kamu sudah melakukan riset mengenai harga suku cadang dan layanan servis yang ingin dilakukan. Sehingga ketika harga suku cadang yang diberikan di luar ekspektasi, kamu bisa menolaknya atau membandingkan dengan harga yang sudah kamu ketahui sebelumnya.
 

Mekanik Profesional dan Handal

Tips kedua yang perlu kamu ketahui dalam memilih bengkel motor adalah adanya mekanik yang profesional dan handal dalam memperbaiki sepeda motor. Mekanik yang mengerti seluk beluk sepeda motor secara menyeluruh akan membuat kamu lebih percaya untuk memperbaiki motor di bengkel tersebut. Sehingga kamu bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan atas segala pertanyaan maupun keluhan yang kamu alami.
Untuk mengetahui apakah bengkel tersebut memiliki mekanik profesional dan handal, kamu bisa memberikan beberapa pertanyaan mengenai masalah motor, tetapi kamu sudah mengetahui jawabannya dan apa yang perlu dilakukan pada sepeda motor milikmu. Jawaban dari mekanik tersebut bisa kamu cocokan dengan pengetahuan yang kamu miliki dan ketehaui mengenai kerusakan yang ada pada motor kamu. Dengan jawaban mekanik yang meyakinkan, pastinya akan membuat kamu balik lagi ke bengkel tersebut.

Memiliki Peralatan Modern

Tips ketiga dalam memilih bengkel motor terbaik, bisa dilihat dari perlengkapan yang tersedia. Bengkel dengan peralatan modern tentu menjamin bahwa pekerjaan perbaikan sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif. Selain itu, bengkel yang memiliki perlengkapan modern membuat suku cadang sepeda motor lebih aman saat dilakukan perbaikan.

Contohnya jika kamu ingin mengganti ban motor, penggunaan Tyre Changer (alat melepas dan memasang ban) di bengkel akan membuat kondisi velg motor lebih aman karena tidak baret atau lecet oleh alat congkel untuk melepas ban. Hal ini dikarenakan alat congkel ban biasa bisa membuat velg menjadi cacat dan menyebabkan kondisi ban akan selalu bocor setelah di pasang.
Maka dari itu pastikan bengkel yang kamu kunjungi memiliki perlengkapan modern yang dapat membantu mekanik dalam melepas maupun memasang berbagai baut atau mur dan suku cadang lain secara aman tanpa merusak atau membuatnya tergores.
 

Pastikan Kelengkapan Suku Cadang

Menemukan bengkel terpercaya dapat dilihat dari kelengkapan suku cadang yang tersedia di bengkel. Bengkel yang lengkap tentu memudahkan kamu dalam mendapatkan suku cadang dan layanan secara lengkap dan menyeluruh.
Kelengkapan suku cadang akan memberikan kenyamanan dan kemudahan karena kamu tidak perlu beralih ke bengkel lain untuk mendapatkan suku cadang yang mungkin perlu diganti saat melakukan perbaikan di bengkel tersebut.
 

Jaminan Garansi

Tidak mudah mendapatkan bengkel yang memiliki garansi dari layanan maupun suku cadang-nya. Bengkel yang terpercaya akan berani memberikan jaminan garansi atas apa yang mereka kerjakan terhadap motor pelanggan. Dengan adanya garansi, kamu bisa kembali ke bengkel tersebut untuk memperbaiki keluhan dan masalah pada motor jika sewaktu-waktu motor mengalami kendala setelah melakukan perbaikan atau adanya kerusakan suku cadang padahal belum sampai 7 hari digunakan.
 

Jam Operasional Panjang

Mencari bengkel yang buka hingga 24 jam tidaklah mudah. Padahal, kamu tidak pernah tahu kapan motor kamu akan bermasalah. Belum lagi, jika kamu baru bisa pergi ke bengkel di jam pulang kantor karena di pagi dan siang hari kamu masih sibuk mengurusi pekerjaan. Pastinya, sangat jarang bengkel yang buka sampai malam bahkan hingga 24 jam.
Jam operasional bengkel yang panjang menjadi penting untuk kemudahan kamu saat perlu memperbaiki motor secara mendadak di malam hari. Bengkel dengan jam operasional panjang menjadi solusi bagi kamu yang mengalami kendala sepeda motor atau baru sempat ke bengkel selepas pulang kantor.
 

Berbagai Metode Pembayaran

Saat ini jarang sekali kita pergi kemana-mana dengan membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Begitupun ketika pergi ke bengkel untuk memperbaiki motor. Walaupun membawa uang tunai, biasanya jumlah pembayaran yang harus dibayarkan melebihi jumlah uang tunai yang sudah di tarik dari ATM.

Daripada membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, sebaiknya kamu membayar transaksi di bengkel dengan metode pembayaran lainnya atau metode non tunai. Namun di beberapa tempat memang masih ada beberapa bengkel yang bisa melayani pembayaran selain tunai.
Tapi jangan khawatir, saat ini bengkel-bengkel modern sudah memiliki metode pembayaran non tunai (debit dan e-wallet). Sehingga memudahkan kamu dalam proses pembayaran tanpa harus membayar tunai. Kita jadi bisa merasa lebih nyaman saat ke bengkel dan tidak perlu khawatir mengenai pembayaran.

Memperbaiki Motor Di Planet Ban

Setelah nyobain beberapa bengkel, rasanya tidak semua bengkel yang kita temukan bisa sesuai dengan tips-tips di atas.  Tapi kemarin di jalan nggak sengaja aku lihat ada banner dengan tulisan "Servis Motor Rasa Mesin Baru" di bengkel Planet Ban dekat rumah.
Penasaran sih karena belum pernah nyobain servis motor di Bengkel Planet Ban tersebut. Akhirnya weekend kemaren pas sudah masuk waktu servis sepeda motor, aku coba untuk nanya-nanya ke mekanik di bengkel Planet Ban mengenai tulisan banner tersebut.
Mekaniknya talk active banget  menjelaskan mengenai "Servis Motor Rasa Mesin Baru" yang merupakan konsep yang diusung Planet Ban untuk layanan servis yang berbeda dari servis motor pada umumnya.
Pada proses servis, ternyata mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor, melainkan menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban dan harganya sudah termasuk dalam biaya jasa servis di Planet Ban.
Adapun beberapa bagian yang di servis, terdiri dari:
  • Servis Mesin
  •  Servis Throttle Body
  •  Servis CVT / Rantai
  •  Servis Injeksi
 
Oh iya, Planet Ban ternyata tidak hanya menjual ban motor saja. Sebagai  pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia, Planet Ban  menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi dan berbagai suku cadang lainnya.
Harga produk dan servisnya juga transparan karena bisa di cek di website resmi Planet Ban, www.planetban.com. Planet Ban bisa menjadi Bengkel pilihan untuk kamu yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari Bengkel Motor karena mekaniknya profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. Sekarang mendingan ke Planet Ban aja untuk servis seluruh kebutuhan sepeda motor.
Selain itu, Planet Ban memberikan berbagai benefit lain yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di Bengkel Motor lain, seperti :
  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Kamu juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selama-nya
Sekarang serahin aja semua kebutuhan motor kamu ke Planet Ban, dijamin nggak bakal rugi. Buruan kunjungi Planet Ban terdekat dan kamu juga bisa dapatin Voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban dengan klik link di sini.
 
7 Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

  • Share:

You Might Also Like

9 komentar

  1. Service kendaraan biasanya males, dengan hadirnya planet ban. layanan service motor sudah ada.

    ReplyDelete
  2. wah terima kasih buat tipsnya, aku sebagai pengguna motor jadi sangat terbantu

    ReplyDelete
  3. Membantu banget tipsnya ini untuk bisa pilih bengkel untuk motor kesayangan

    ReplyDelete
  4. Mayan nih tipsnya buat aku yg cewe bawa motor. Jadi bisa pilih bengkel yg tepat

    ReplyDelete
  5. Nah kan potongan harga nya lumayan nih 🥹

    ReplyDelete
  6. Infonya bermanfaat banget buat cewek yang biasanya bisanya cuma pakenya aja

    ReplyDelete
  7. Aku urusan permotoran diurus suami jadi buta banget yang ginituh hahahaha

    ReplyDelete
  8. Baru tahu nih, lumayan jadi nambah ilmu lagi. Makasih info dan tips nya kaa

    ReplyDelete
  9. Nice info! Please come to join collaboration.

    ReplyDelete