Soft Launching SugarLive, Aplikasi Live Streaming Asli dari Indonesia

Sunday, January 20, 2019

     Siapa nih di sini yang nggak bisa lepas dari media sosial? Rasanya media sosial udah jadi kebutuhan sehari-hari ya. Nah buat kamu kaum millenials yang aktif di media sosial, sekarang bakal dimanjain lagi sama salah satu aplikasi live streaming asli dari Indonesia yang baru aja ngadain soft launching tanggal 9 Januari kemarin. Yup! SugarLive! Pasti penasaran donk aplikasinya seperti apa?
  
Soft Launching SugarLive, Aplikasi Live Streaming Asli dari Indonesia
     Sebelum ngomongin aplikasinya, aku mau pamerin keseruan soft launching SugarLive di SHY Rooftop Kemang kemaren nih. Jadi awalnya tuh aku nggak tau kalau aplikasi ini 100% asli buatan lokal. Pas nyampe di SHY Rooftop aku disambut sama kakak-kakak dengan aksesoris rabbit ear dan 2 orang berkepala kelinci raksasa yang lucu banget. Sesuai sama logo dari aplikasi SugarLive yang bergambar kelinci berwarna ungu ini.
    
Soft Launching SugarLive, Aplikasi Live Streaming Asli dari Indonesia
     Sekitar jam setengah 8 malam, acara soft launching dimulai dengan games seru yang dipandu oleh MC yang salah satunya adalah Micky AFI! Masih inget donk sama salah satu finalis AFI 2 ini? Nah, jadi di games pertama kita ditantang buat nunjukin siapa yang punya pulsa dan paket data paling sedikit. Dan tau nggak sih pemenangnya itu cuma punya pulsa sebanyak 1 Rupiah dengan paket data 7 MB aja! Hm, pasti tipe yang ngandelin Wi-Fi nih hehe.
 
Pemenang Games Pertama di Soft Launching SugarLive
     Games kedua, dicari orang yang punya HP paling kecil. Dan ternyata nih, dijaman yang serba digital ini, handphone jadul yang cuma bisa nelpon dan SMS doank masih ada aja yang punya dan dibawa kemana-mana lho hihi.
  
Pemenang Games Kedua di Soft Launching SugarLive
     Setelah seru main games, acara soft launching akhirnya dimulai dengan pengenalan aplikasi oleh CEO SugarLive, Arie Setiawan. Kaget banget waktu tau kalau aplikasi ini tuh 100% asli Indonesia. Jadi mulai dari konsepinya, developernya, pengisi kontennya sama pemilik modalnya semua tuh orang Indonesia dan nggak ada campur tangan pihak asing satupun. Wow, hebat banget ya!
   
Arie Setiawan selaku CEO SugarLive
     Di aplikasi SugarLive ini nantinya content creator dapat menciptakan konten kreatif khas generasi masa kini yang informatif, menghibur, edukatif dan yang paling penting, Indonesia banget. Content creator juga dapat berinteraksi langsung dengan para penggemarnya di seluruh nusantara saat itu juga seperti mendengarkan feedback, komentar dan apresiasi dari para penggemar.
   
SugarLive, Aplikasi Live Streaming Asli dari Indonesia
     Fitur-fitur yang ada pada aplikasi SugarLive juga banyak banget lho, jadi bisa bikin aktitas makin seru. Nih aku bocorin fitur-fiturnya.
  
1. Komentar
Content creator bisa membaca komentar dari para penggemar dan penontonnya live saat itu juga. Jadi content creator bisa berkolaborasi dengan para penggemarnya secara live untuk menentukan arah dari konten yang disiarkan.

2. Apresiasi
Content creator bisa mendapatkan apresiasi dari para penggemar dan penontonnya dari berbagai hadiah virtual yang disediakan di dalam aplikasi. Hadiah bisa ditukarkan menjadi rupiah dan besarnya rupiah yang bisa didapatkan bergantung kepada konten yang dibuat oleh content creatornya itu sendiri.

3. Face Filter
Content creator bisa live kapanpun, bahkan jika belum mandi sekalipun. Dengan adanya face filter, content creator akan mendapatkan filter-filter imut dan lucu yang bisa digunakan untuk menarik penonton lebih banyak lagi.

4. Jualan
Content creator bisa menjual produk saat mereka sedang live dan hasil penjualan produk sepenuhnya milik content creator.

5. Multi Camera-Phone
Content creator bisa mengambil beberapa angle sekaligus menggunakan beberapa smartphone untuk ditampilkan di dalam live streamnya. Sehingga memudahkan mereka jika ingin berpindah-pindah fokus dari satu frame ke frame lainnya.

6. Polling atau Survey
Content creator dapat mengadakan polling saat sedang siaran yang bisa digunakan untuk menentukan konten apa yang dipilih atau yang paling disukai oleh para penggemar dan penonton.

7. Challenge
Content creator dapat memberikan dan melakukan challenge saat siaran. fitur ini dapat dilakukan bersama para penggemar dan penonton atau bahkan dilakukan dengan sesama content creator untuk membuat sebuah siaran yang lebih hidup dan menyenangkan.

8. Duet
Content creator dapat berkolaborasi dengan content creator lainnya dalam satu siaran. Dengan duet siaran, kedua content creator dapat menggabungkan kedua penggemar mereka dalam satu sesi siaran.

9. Lucky Draw
Content creator dapat memberikan apresiasi kepada penggemar dan penontonnya dengan fitur lucky draw. Penonton bisa mendapatkan hadiah atau apresiasi yang diberikan oleh content creator langsung saat siaran.
   
        
     Selesai speech soal aplikasi SugarLive, acara dilanjutkan dengan press conference oleh media. Di sesi ini, wartawan bisa lebih bebas dan spesifik untuk nanya-nanya tentang aplikasi live broadcast ini.
  
Conference Pers oleh Monalissa (VVIP Manager), Arie Setiawan (CEO), Anang Pradipta (Managing Director)
     Pasti pada heran donk dengan logo kelinci ungu di aplikasi ini? Nah, jadi filosofinya nih, kelinci itu kan hewan yang kecil dan terlihat lemah, tapi kelinci ini memiliki telingan panjang yang membuatnya lebih peka terhadap suara-suara. Dengan pendengarannya, kelinci bisa lolos dari predator yang mengincarnya. Sama halnya dengan SugarLive, mungkin aplikasi ini terlihat lemah di antara aplikasi-aplikasi raksasa sejenis, tapi aplikasi ini lebih peka. Peka dengan konten lokal yang diminati masyarakat Indonesia. Sedangkan karakter warna ungu cenderung menunjukkan selera yang tinggi karena warna ungu bisa dibilang warna yang eksklusif kombinasi dari merah dan bisa yang jarang ditemui pada alam semesta.
  
SugarLive, Aplikasi Live Streaming Asli dari Indonesia
     Tapi kenapa sih aplikasi yang 100% asli Indonesia tapi justru malah milih nama aplikasi yang nggak Indonesia banget? Nah jadi kalau kita terjemahin, sugar memiliki arti gula. Gula itu kan mudah ditemukan di kehidupan kita sehari-hari. Gula ada di mana-mana; di makanan dan minuman yang sering kita konsumsi. Kita sangat menyukai gula. Bahkan saat kadar gulanya kurang, kita sering protes. Contoh; kalau kopi kurang gula, nggak enak. Kopi kebanyakan gula, juga nggak enak. Dan saat gulanya pas, yang enak adalah kopinya. Kurang lebih itu alasan kenapa nama Sugar sebagai identitas aplikasi ini. Harapannya, aplikasi ini akan memberikan porsi yang pas, tidak kurang, tidak berlebihan, sehingga industri kreatif Indonesia menjadi lebih "enak". Dan kenapa menggunakan bahasa Inggris, karena kata Sugar memiliki makna yang lebih luas dan juga untuk mempermudah aplikasi ini melakukan penetrasi pasar internasional.
    
Liza Aditya perform di Soft Launching SugarLive
     Dan sebelum acara soft launching ini berakhir, sambil dinner kita semua dihibur oleh penampilan dari Liza Aditya dan Azmi Alkatiri & Band.
  
Azmi Alkatiri & Band
     Siapa nih yang udah nggak sabar buat segera nyobain aplikasi live streaming ini? Makanya, tungguin aja karena sebentar lagi SugarLive bakalan bisa kalian download di App Store ataupun Google Play dan buruan siapin konten-konten terbaik kamu!

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *