Wireless LAN

Thursday, June 28, 2012

Pengertian Wireless LAN
            Wireless LAN adalah adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung melalui tanpa kabel. Local Area Network dari komputer maupun dari peralatan lainnya dapat dikembangkan lewat sinyal radio atau gelombang cahaya. Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data tanpa adanya membutuhkan kabel untuk saling menghubungkan. Akibatnya pengguna mempunyai flesibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi.
Teknologi Wireless
            Teknologi wireless menggunakan udara sebagai media transmisi atau perantara untuk melakukan pertukaran data. Meskipun demikian, tetap ada batasan jarak tertentu seberapa jauh peralatan yang menggunakan teknologi wireless dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.
            Infra red atau IrDa (Infra Red Data Access) dan Bluetooth yang biasanya dijadikan sebagai feature pada perangkat ponsel adalah salah satu contoh teknologi wireless dengan jangkauan jarak tidak terlalu jauh.
            Karena mampu menggantikan keberadaan kabel, teknologi wireless juga dapat diterapkan pada sebuah jaringan komputer konvensional yang biasanya menggunakan kabel UTP. Dalam hal ini kita mengenal Wireless Local Area Network (WLAN).
            Penggunaan teknologi wireless tidak hanya diterapkan pada dunia komputer saja, tetapi juga pada bidang-bidang lain seperti bidang telekomunikasi. Seperti pada GSM, CDMA, GPRS, EDGE, WCDMA atau HSDPA pada ponsel atau PDA yang kesemuanya hadir untuk menggantikan peran kabel pada pesawat telepon PSTN di rumah.

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *