Desa yang Terbentuk Karena Alam

Monday, October 20, 2014

     Terbentuk oleh alam, dua wilayah ini menjadi primadona wisatawan. Lokasi-lokasi ini memiliki pemukiman yang unik terbenttuk alami oleh alam.
     Kandovan. Suatu desa yang akan membuat kita terkejut ketika berkunjung ke desa yang terbentuk dari alam ini. Desa yang terletak di negara Iran ini dikelilingi oleh pegunungan dan tebing-tebing yang terjal dan menjulang cukup tinggi. Dari kejauhan, desa ini terlihat seperti rangkaian tebing-tebing bebatuan yang indah, tapi jika kita mendekat, di tebing bebatuan tersebut terdapat pintu dan jendela seperti rumah. Tebing bebatuan yang ada di Kondovan ini terbentuk secara alami yang diakibatkan oleh aktivitas volkano di ribuan bahkan jutaan tahun lalu. Sebagian masyarakat di desa ini masih menggunakan interior tradisional yang alami, tapi sebagian yang lainnya sudah merubah interior dengan nuansa yang lebih modern. Seperti menghias dengan lampu-lampu, mewarnai dinding dengan tebing cat, serta menggunakan karpet warna-warni sebagai alas lantai. Desa Kondovan ini dihuni oleh sekitar 170 keluarga. Selain suasan yang asri karena dikelilingi dengan perbukitan dan pemukiman yang unik, rumah-rumah tradisional di desa Kondovan ini juga memiliki kelebihan lain, yaitu sebagai rumah yang hemat energi. Mereka tidak perlu menggunakan AC saat cuaca sedang panas dan juga tidak memerlukan pemanas saat cuaca sedang dingin, karna bebatuan alami di Kondovan bisa menyesuaikan dengan suhu di sekitarnya.
     Danau Titicaca. Yang berada di pegunungan Andes ini merupakan danau tertinggi di dunia dan terluas di Amerika Selatan. Di atas danau ini, terdapat desa apung yang memiliki sekitar 44 pulau di danaunya yang disebut juga sebagai desa Uros. Pulau buatan manusia ini hanya memakai rumput alang-alang yang mengambang di atas danau. Susunan tanaman alang-alang ini yang menjadi pijakan penduduk Uros. Desa yang disebut floating island ini juga menjadi daya tarik wisatawan di Peru. Bentuk pulau-pulaunnya yang unik menjadikan suasana desa Uros terlihat seperti bumi perkemahan. Yang juga menarik, rumah-rumah yang menyerupai tenda kemah ini juga terbuat dari susunan batang alang-alang.
On Air : Saturday, 18 October 2014
Edited by Fachrozi Hadi

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *