Bangunan Bank Unik di Dunia

Sunday, November 02, 2014

     Sebagian besar bentuk bangunan Bank biasanya kaku. Namun tidak dengan gaya bangunan bank-bank ini, selain unik, beberapa dirancang ramah lingkungan.
     The Robot Building Thailand, gedung ini berada di kawasan bisni Sathorn di Bangkok, Thailand. Gedung rancangan Sumet Jumsai ini mencerminkan komputerisasi perbankan dengan konsep modern. Bangunan yang selesai tahun 1986 ini memiliki eksterior bangunan yang condong melebar ke bawah ditambah dengan antena dan mata, membuat banguan ini seperti robot. Bangunan setinggi 20 lantai ini menghabiskan biaya 10 juta dollar ketika dibangun.
     Chinatrust Bank Complex, gedung bank yang ada di Taiwan ini memiliki struktur ramah lingkungan. Bangunan 22 lantai ini dirancang untuk menggunkan energi matahari dan panas bumi sebagai sumber tenaga oprasional sehari-hari. Taman-taman di atap gedung ini juga berguna untuk mengurangi limpasan air hujan.
     Norddeutsche Landesbank di Jerman, ini adalah bangunan bank terbesar di Jerman Utara. Gedung yang selesai dibangunn tahun 2002 ini didesain oleh Behnisch and Partners. Ketika melihat bangunan ini, kita serasa sedang mengunjungi NASA atau planet lain. Kontruksi bangunannya dibuat lebih ramah lingkungan dengan 81.000 kaca panel yang menampilkan cahaya keemasan saat matahari terbenam dan kilau cahaya keperakan saat lampu-lampu dari dalam gedung menyala di malah hari. Menara kaca yang pernah dianggap tumpukan kontainer ini mendapatkan penghargaan bergengsi di bidang arsitektur pada tahun 2002.
     Ing House Amsterdam, gedung yang didesain oleh arsitek Belanda Meyer en van Schooten ini selesai dibangun tahun 2002. Gedung ini memiliki lobi mewah, auditorium, ruang tunggu, restaurant, ruang konferensi dan 160 tempat parkir. Di dalam gedung ini juga ada kebun buatan yang memiliki tema berbeda-beda. Karena bentuknya yang tidak biasa, Ing House memiliki nama lain "Shoe". Julukan ini diberikan karena jika dilihat dari atas, bangunan ini mirip dengan sepatu.
Edited by Yogi Nugraha

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *