Jembatan Gantung di Dunia

Saturday, November 08, 2014

  Jembatan gantung seringkali membuat takut lantaran ketinggiannya, walau kita harus berhati-hati saat melintasi. Namun pemandangan indah di sekitarnya membuat jembatan ini patut didatangi.
      Capilano Suspension Bridge. Jembatan gantung tertua di Vancouver Kanada ini dibangun pertama kali pada tahun 1988 oleh George Grant Mackay, insinyur berkebangsaan Skotlandia. Jembatan yag membentang sepanjang 137 meter ini terletak pada ketinggian 70 meter di atas sungai Capilano. di awal pembentukannya, jembatan ini menggunakan bahan baku dari kayu, namun pada 1903 dirombak menjadi jembatan kabel dan berkawat. Hebatnya, jembatan yang sudah berusia di atas 100 tahun itu masih dapat digunakan hingga saat ini.
     Carrick A Rede Rope. Jembatan tali yang terletak di County Antrim, Irlandia Utara ini menghubungkan daratan utama Irlandia dan Pulau Carrick A Rede. Awalnya para nelayan membangun jembatan ini untuk menangkap ikan di pulau seberang. Ketika awal dibangun, jembatan ini lebih mengerikan karena hanya memiliki pegangan tunggal, setelah dipugar, jembatan tersebut sudah memiliki struktur yang lebih kokoh. Dengan dua pegangan. Setelah bertahun-tahun, jembatan yang memiliki panjang 19 meter di ketiggian 30 meter dari karang laut ini telah mengalami berbagai perubahan bentuk agar tampak kokoh demi keselamatan orang-orang yang melintasinya.
     Terdapat jembatan gantung pertama di dunia yang menghubungkan dua puncak gunung, Glacier 3000 dengan Scex Rouge yang terletak di Swiss, Peak Walk. Jembatan sepanjang 107 meter di ketinggian 9.800 kaki di atas pemukaan laut ini menghabiskan biaya sekitar 23,3 milyar rupiah. Dari jembatan ini, kita bisa melihat gunung Matterhorn, Mont Blanc, Eiger, Moench dan Jungfrau. Peak Walk itu sendiri dirancang untuk bertahan di kondisi ekstrem yang kerao terjadi di Alpen seperti hujan salju dengan intensitas tinggi dan kecepatan angin hingga 200 km/jam.
On Air Saturday, 22 November 2014
Edited by Fachrozi Hadi

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *