Review: Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap, Sabun Organik Multifungsi 18 in 1

Monday, September 14, 2020

     Belakangan ini aku lagi suka banget sama yang namanya essential oil. Bisa dibilang hampir tiap malam aku nyalain diffuser air humidifier. Karena aku baru menyadari kalau aroma essential oil emang enak banget dan menenangkan. Telat banget sih emang. Sampai saking sukanya sama essential oil, aku seneng banget donk waktu dikasih Jakarta Beauty Blogger buat nyobain 3 varian sabun yang ingredients di dalamnya tuh terbuat dari organic oil, yaitu Dr. Bronner's.
 
     Sebenarnya, brand sabun ini udah didirikan sejak 1948 oleh Emanuel Bronner di U.S.A., tapi baru masuk ke Indonesia sejak Oktober 2019 lalu. Keunggulan dari sabun ini selain terbuat dari bahan-bahan organic oil, mereka udah ada Certified Fair Trade Ingredients, Vegan dan Cruelty Free. Bener-bener ngga ada bahan pengawet sintetis, pengental ataupun busa buatan yang bisa ngerusak kulit ataupun lingkungan. Yuk kita cek detail ingredientsnya.
 
Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap
     Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap ini punya 8 varian yaitu Lavender, Baby Unscented, Rose, Peppermint, Almond, Citrus, Tea Tree dan Eucalyptus. Masing-masing varian punya tambahan oil ingredients di dalamnya, tapi semua varian ini memiliki 90% bahan organik dan 70% bahan-bahan certified fair trade seperti:
 
Water, Organic Coconut Oil, Pottasium Hydroxide, Organic Palm Kernel Oil, Organic Olive Oil, Organic Jojoba Oil, Citric Acid dan Tocopherol.
 
     Benar-benar semua bahan yang ada dalam liquid soap ini sepenuhnya menggunakan bahan-bahan botani yang tidak merusak lingkungan, dapat terurai secara alami, nggak ada bahan pengawet sintetis, paraben, alkohol, SLS, pengental (detergent) atau busa buatan, no animal tested dan cruelty free. Jadi bisa dibilang sabun organik ini sangat ramah lingkungan, sehat untuk kulit dan pastinya bagus digunakan untuk jangka panjang.
  
Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap
     Seperti yang aku bilang tadi, Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap ini punya 8 varian. Tapi kali ini aku mau review 3 varian favorite yaitu Lavender, Rose dan Baby Unscented.
 

1. Dr. Bronner's Lavender Pure Castile Soap

     Varian Lavender ini jadi salah satu varian favorite aku karena aroma lavendernya yang lembut dan menenangkan emang bikin nyaman aja ketika digunakan. Aromanya tuh kalau digambarkan seperti aroma pure lavender dan lavandin oils, jadi pecinta Lavender udah pasti akan suka sih. Karena Lavender ini dikenal sebagai relaksan dengan efek sedaktifnya yang kuat. Jadi yang punya masalah insomnia, bisa pakai yang varian ini biar tidurnya nyenyak.
 
Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap

2. Dr. Bronner's Rose Pure Castile Soap

     Varian Rose ini menurut aku aromanya agak unik karena kayak campuran rose dan leci. Malah menurut aku lebih banyak aroma leci yang manis. Tapi enak banget dan segar. Varian ini bagus untuk kamu yang memiliki kulit kering karena essential oil mawar ini sifatnya sebagai pelembab dengan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang kompleks. Sifatnya yang sebagai antiseptip juga bagus untuk merawat kulit berjerawat dan anti inflamasi.
 

3. Dr. Bronner's Baby Unscented Pure Castile Soap

     Nah kalau varian ini cocok untuk kamu yang kulitnya sensitif karena sesuai namanya, produk ini tidak beraroma. Varian ini memang tidak ada tambahan pewangi dan double olive oil karena formulanya diperuntukan bagi pemilik kulit sensitif dan bisa untuk bayi juga. Bahannya terbuat dari bahan organi yang paling sehat dan murni seperti minyak kelapa organik yang menutrisi dan membersihkan kulit, minyak zaitun dan jojoba untuk memberikan rasa lembut.
  
Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap
     Ternyata nih, nggak hanya bahan-bahannya aja yang ramah lingkungan, kemasan botol sabun Dr. Bronner's ini pun berasal dari olahan daur ulang plastik. Jadi membantu mengurangi limbah dan memberikan dampak positif juga bagi lingkungan. Nggak nanggung-nanggung deh mereka bikin produk ini.
 
     Design kemasan sabun organik ini pun unik karena label yang tertera di botolnya berisi full tulisan informasi seperti koran, mengenai detail produk. Bener-bener lengkap sih infonya. Botol kemasan dengan tutup flip top yang disediakan pun memiliki beragam ukuran, mulai dari 59 ml, 237 ml, 437 ml dan 964 ml yang sudah bisa kalian beli di Tokopedia, Shopee, Sociolla dan Guardian.
 
Netto : 59 ml, 237 ml, 437 ml dan 964 ml
Price : IDR 52.900, IDR 166.900, IDR 277.900 dan IDR 422.500
Where to Buy : Tokopedia, Shopee, Sociolla dan Guardian
  
Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap

Dr. Bronner's, Sabun Organik Multifungsi Dengan 18 Kegunaan Dalam 1 Produk

     Hal menarik lain dari produk ini adalah sabun ini nggak hanya berfungsi untuk body wash saja, tapi bisa digunakan hingga 18 kegunaan lainnya. Gila sih, dalam satu produk sabun bisa untuk 18 hal. Cocok banget buat yang suka praktis kalau travelling karena nggak perlu bawa banyak sabun lagi. Intip deh 18 fungsinya.
 
  1. Body Wash, gunakan satu squirt pada shower puff lalu bersihkan badan seperti penggunaan sabun mandi pada umumnya.
  2. Hand Wash, gunakan satu squirt sabun pada air untuk membersihkan tangan.
  3. Cleanser, gunakan 2-3 tetes pada tangan yang basah lalu bersihkan wajah dengan gerakan melingkar.
  4. Bath Soak, gunakan 2 squirt pada tub. Nantinya memang tidak akan mengeluarkan busa bubble tapi tetap akan membersihkan.
  5. Foot Soak, gunakan satu squirt pada baskom berisi air hangat.
  6. Pembersih Kuas Make Up,  basahi kuas dengan air. Tambahkan 1-2 tetes sabun pada bagian bulu kuas. Pijat dengan halus selama 10 detik lalu bersihkan. Ulangi bersihkan selama dibutuhkan hingga bersih.
  7. Shaving Cream, untuk wajah gunakan 10 tetes, ketiak 3 tetes, tangan 1 squirt. Buat busa pada tangan yang basah lalu apply pada area yang akan dicukur.
  8. Shampoo, gunakan satu squirt pada tangan lalu bersihkan pada rambut yang basah.
  9. Pasta Gigi, gunakan satu tetes sabun pada sikat gigi. Yap, rasanya nanti memang akan seperti sabun.
  10. Mouthwash, gunakan 1 tetep sabun pada secangkir air, kumur dan bersihkan.
  11. Laundry, tambahkan 120 ml sabun pada tempat pencuci pakaian dan tambahkan 120 ml cuka untuk membilas.
  12. Handwashing Delicates, tambahkan satu squirt sabun ke air dingin. Kucek dengan lembut lalu rendam selama 10 menit. Kucek kembali untuk menghilangkan kotoran lalu bersihkan dengan air. Peras lalu gantung hingga kering.
  13. Congestive Remedy, masukkan satu squirt sabun dalam semangkok air panas. Hirup uap dengan handuk menutupi kepala.
  14. Pest Spray, masukkan satu squirt sabun dalam satu liter air. Tambahkan 1/2 sendok teh cabai rawit atau kayu manis jika diinginkan.
  15. Dish Soap, encerkan satu squirt sabun dengan air. Gunakan sponge untuk membersihkan piring.
  16. All Purpose Cleaner, untuk membersihkan bagian yang susah, tambahkan60 ml sabun ke dalam satu liter air pada botol spray. Lalu tambahkan 2-3 tetes tea tree essential oil jika diingnkan dan semprotkan.
  17. Fruit and Veggie Rinse, gunakan 2-3 tetes pada semangkuk air. Masukkan buah atau sayur, setelah itu bersihkan dengan air bersih.
  18. Pet Wash, jumlah sabun yang digunakan tergantung pada ukuran, jenis rambut dan panjangnya, serta kekotoran secara keseluruhan. Basahi binatang peliharaan secara keseluruhan, lalu mulai sabun untuk membersihkan hewan hingga berbusa dan pijat ke kulit.
 
18 in 1 Dr. Bronner's Pure Castile Liquid Soap

First Impression

     So far aku pakai sabun ini kebanyakan untuk mandi, cuci muka, apalagi aku kan suka double cleansing jadi kandungan oilnya pas banget buat bersihin sisa-sisa make up. Terus juga aku pakai buat bersihin brush make up, karena untuk bersihin brush aku memang nggak bisa pakai sembarangan sabun dan satu lagi aku pakai buat cuci masker. Tau sendiri lah ya sekarang masker udah jadi kebutuhan dan nyuci paka detergen biasa itu suka bikin muka malah jerawatan, belum lagi aroma detergen yang strong nggak ilang-ilang kalau buat muka apalagi langsung kena hidung pasti nggak nyaman banget. Makanya sabun Dr. Bronner's ini jadi penyelamat aku banget deh.
 
     Jujur aja, sabun ini sangat mencuri perhatian aku banget sih apalagi bahan-bahan yang digunakan bener-bener ramah di kulit dan lingkungan. Dari 3 varian yang aku coba, aroma Lavender emang yang paling favorite soalnya menenangkan banget. Asli jadi pengen nyobain varian lainnya sih, karena mostly varian yang mereka punya tuh semua varian favorite untuk essential oil.
 

You Might Also Like

2 komentar

  1. jenis produk kayak gini tu cocok banget dibawa buat travel atau kegiatan pkl kuliah. karena kita kan nggak mau bawa banyak barang kalau berpergian. kalau bisa ada 1 benda yang multifungsi.
    game changing banget sih ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, praktis dan nggak makan banyak tempat.

      Delete

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *