KKLN ke Korea Selatan bareng Universitas Pertahanan - Day 1

Monday, June 24, 2019

     Setelah Februari lalu udah KKDN ke Bali, agenda perkuliahan selanjutnya adalah KKLN. Yup! Tahun ini prodi Damai dan Resolusi Konflik kebagian KKLN ke Korea Selatan. Lagi-lagi awalnya nggak terlalu excited karena udah pernah ke Korea Selatan sebelumnya. Tapi setelah dipikir-pikir, tujuan yang bakal dikunjungi tuh semuanya belum pernah aku datengin dan musimnya juga beda, ditambah lagi sekarang aku jadi doyan make-up, wahh ke Korea Selatan berasa surga banget, yee kan?
    
Rombongan DRK di Soekarno Hatta Airport
     Ter-happy dari perjalanan udara panjang adalah dapet flight malam yang artinya aku bisa tinggal tidur, terus udah deh tau-tau nyampe hehe. Jadi, rombongan DRK berangkat dari bandara Soekarno-Hatta hari Minggu, 23 Juni, sekitar jam 20.15 naik Singapore Airlines SQ 967. Karena naik SQ, jadi kita transit dulu di Singapore selama 3 jam dan baru take off lagi jam 02.25 naik Singapore Airlines SQ 612. Asli nggak berasa banget sih transit selama itu karena rame-rame juga.
    
Tiket Singapore Airlines SQ 967 dan SQ 612
     Sekitar jam 09.50 kita nyampe juga di bandara Incheon. Karena hari ini udah mulai kegiatan KKLN, jadi kita udah standby baju ganti dan malah beberapa udah ganti di pesawat. Kalau aku sih team dandan di pesawat dan ganti di bandara sembari nunggu bagasi hehe. Asli hari ini kita full kegiatannya tanpa mandi wkwk.
    
Tiba di Bandara Incheon Korea Selatan
     Karena udah agak siang, kita lunch dulu di Restoran Gwanghamun, nggak tau deh nama tepatnya apa tapi yang jelas di sini kita nyobain makan grilled mackerel atau bahasa Korea-nya Godeungeo-Gui.
   
Grilled Mackerel atau Godeungeo-Gui
     Enak sih, tapi menurut aku porsinya cukup gede, jadi agak bagi-bagi ke meja sebelah deh buat bantuin ngabisin ikannya hehe.
  
Lunch di Restoran Gwanghamun
     Selesai makan siang, kita langsung menuju ke Indonesia Embassy di Seoul untuk audiensi dengan Atase Pertahanan Kolonel Pnb. Imam Subekti, S.T., M.IR. dan wakil kepala perwakilan KBRI Seoul Siti Sofia Sudarma. Di audiensi kali ini, nggak cuma prodi DRK aja, tapi kita juga gabung sama prodi Diplomasi Pertahanan.
    
DRK di depan Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul
     Sekitar satu setengah jam, audiensi selesai dan acara lanjut lagi dengan audiensi bersama perwakilan Persatuan Pelajar Indonesia di Korea (Perpika), Dewa Satya. Untuk audiensi dengan Perpika ini cuma dihadiri sama prodi DRK aja. Nggak butuh waktu lama kok, cuma 1 jam dan itu pun nggak berasa banget karena narasumbernya seru dan enak banget sharingnya.
    
DRK bersama Perwakilan Perpika di KBRI Seoul
     Kelar kegiatan, kita makan malam, tapi sebenernya nggak bisa dibilang malam juga karena baru sekitar jam 6-an dan kita makannya di daerah Dongdaemun, tepatnya di Jungsungbon Shabu Suki.
   
Jungsungbon Shabu Suki
     Nah, kalau makan di sini baru deh menurut aku porsinya agak kurang wkwk. Jadi shabu-shabu nya nggak sesuai ekspektasi aku sih, dikit banget dagingnya, banyakan sayur doank haha.
   
Dinner Shabu-Shabu di Jungsungbon Shabu Suki
     Karena masih ada waktu, kita diajak beli oleh-oleh dulu di Goodmorning City, macam ITC gitu lah dan di sini jual oleh-oleh kayak gantungan kunci dan lain sebagainya. Baru juga nyampe udah beli oleh-oleh aja nih haha. Tapi karena nggak tertarik sama barang-barangnya jadi di sini aku nggak beli apa-apa deh.
  
Source : Trip.Zilla.id
     Selesai dari Goodmorning City, kita akhirnya check in ke Hotel dan di Korea Selatan ini kita nginepnya di Ibis Styles Ambassador Myeongdong. Happy banget nggak sih nginepnya di daerah Myeongdong!
  
Ibis Styles Ambassador Myeongdong Hotel
     Yup saking happy-nya dan nggak ngerasa capek sama sekali, akhirnya nyampe hotel aku langsung mandi dan cabut lagi buat muterin Myeongdong, jajan streetfood dan shopping! Sampe sekitar jam setengah 12 malam baru deh pulang dan balik lagi ke Hotel. Oiya, di sini tuh jam 12 malem masih rame banget jadi jangan heran kalau aku pulangnya tengah malam mulu hehe, bahkan jam setengah 9 malam aja masih terang banget. Tapi gara-gara inget besok masih ada kegiatan lagi, jadi wajib jaga badan. Hm, agendanya apa lagi ya besok?
  
Myeongdong Seoul

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ini kampus keren banget ya, ada acara KKDN dan KKLN. Kampusku dulu cuma ada KKN, itu pun di pelosok Jawa Timur :)

    ReplyDelete

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *