3 Klinik Terbaik Untuk Tes COVID 19 (Tes Rapid dan PCR) di Jakarta Timur

Friday, June 26, 2020

     Waktu pertama kali dengar soal COVID 19 yang mewabah di Wuhan awal tahun 2020 ini, jujur aja aku ngerasa panik apalagi di Wuhan sampai harus lock down dan kotanya tuh bener-bener jadi mati. Sempat optimis kalau wabah tersebut nggak bakalan masuk ke Indonesia, tapi ternyata malah menjadi pandemi karena menyebar secara internasional dan di luar kendali.
  
     Bahkan aku yang tinggal di Jakarta pun mengalami yang namanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak tanggal 10 April 2020 hingga 4 Juni 2020 kemarin. Walaupun kebijakan PSBB sudah dihentikan, tapi ternyata virus Corona atau Covid 19 ini belum benar-benar berhenti ataupun menghilang dari Indonesia.
  
Corona Virus - Source : freepik.com
     Dikarenakan PSBB yang sudah mulai dihentikan dan beberapa aktivitas dapat berjalan kembali dengan istilah "new normal". Kita tetap harus waspada karena virus belum benar-benar menghilang. Makanya penting banget untuk tetap jaga jarak, menggunakan masker dan rajin-rajin mencuci tangan di mana pun berada. Untuk memastikan kita benar-benar bebas dari yang namanya virus corona atau Covid 19, kita bisa melakukan tes rapid, swab atau PCR. Mungkin masih banyak yang asing dengan istilah-istilah ini, ok sedikit aku jelasin ya.
   

Perbedaan Tes Rapid dan PCR (Swab)

     Rapid test merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona dengan cara mengambil sample darah dari ujung jari. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona. Bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan hingga beberapa minggu. Inilah yang menyebabkan keakuratan dari rapid test cukup rendah. Jadi, rapid test bisa dikatakan hanya sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19.
   
Rapid Test Covid 19 - Source : Pinterest Freepik.com
     Sedangkan Swab test Corona atau yang bisa juga disebut dengan PCR (Polymerase Chain Reaction)  ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus ini. Dalam swab test corona, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan. Misalnya, hidung dan tenggorokan untuk kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus corona. Tes PCR menganalisis DNA atau RNA (materi genetik virus) yang terdapat dalam virus.
  
Swab Test (PCR) - Source freepik.com
     Kalau udah paham mengenai perbedaan kedua tes untuk membuktikan diri kita bebas dari virus Corona. Kalian bisa memilih dan melakukan tes yang diinginkan di Rumah Sakit atau Klinik yang terpercaya. Untuk covid test Jakarta khususnya daerah Jakarta Timur, kalian bisa melakukan tes di beberapa tempat berikut:
  

1. Klinik Miracle Matraman, Jakarta Timur

     Di klinik yang terletak pada Gedung BCA Matraman Lantai Basement Jl. Matraman Raya, Jakarta Timur ini kita bisa melakukan Rapid Test Covid-19 dan konsultasi dengan dokter umum. Nantinya kita akan mendapatkan Surat Keterangan hasil pemeriksaan yang akan keluar dalam waktu 20-30 menit. Untuk biayanya, Paket Express Covid ini senilai Rp 360.000.
  
Klinik Miracle Matraman, Jakarta Timur - source : alodokter.com

2. Rumah Sakit Omni Pulomas, Jakarta Timur

     RS Omni Pulomas ini terletak di Jl. Pulo Mas Barat VI No. 20, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Mereka menyediakan beberapa pilihan tes untuk Covid 19 seperti Rapid Test yang dilakukan melalui sistem drive thru/MCU yang hasilnya akan keluar dalam 2-3 jam melalui WA/email. Jika kita menginginkan surat keterangan hasil Rapid Test, kita bisa mengambil di bagian Laboratorum dalam 1x24 jam. Test ini membutuhkan biaya sekitar Rp 299.000 yang dilakukan melalui GoPay.
  
     Nggak hanya itu saja, mereka juga melayani Paket Screening Covid seharga Rp 999.000 yang meliputi Rontgen Thorax, cek Lab (Hema 2 dan CRP), Rapid Test dan konsul dokter umum. Serta Paket Screening Covid seharga Rp 1.499.000 yang meliputi LDCT (Low Dose CT) Paru, cek Lab (Hema 2 dan CRP), Rapid Test dan konsul dokter umum. Semua pembayarannya pun dilakukan melalui GoPay.
  
Rumah Sakit Omni Pulomas, Jakarta Timur

3. Rumah Sakit Kartika Pulomas, Jakarta Timur

     RS Kartika Pulomas ini berada di Jl. Pulo Mas Timur K, No.2, Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Mereka memiliki layanan untuk melakuka PCR Swab Test dan Screening Covid 19 Travelling (Rapid Test) yang pembayarannya pun hanya dapat dilakukan melalui GoPay.
Rumah Sakit Kartika Pulo Mas - Source : Practo.com
     Jika kalian berada di daerah seputaran Jabodetabek, seperti Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan ataupun Bekasi dan merasa klinik atau Rumah Sakit di daerah Jakarta Timur terlalu jauh untuk melakukan tes Rapid atau PCR, kalian bisa cek di aplikasi Halodoc untuk mengetahui keberadaan RS atau klinik yang available melakukan tes tersebut.
  
Source : Aplikasi Halodoc
     Di aplikasi Halodoc kalian juga bisa melakukan cek resiko Covid 19 dengan menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan atau berkonsultasi langsung dengan dokter terpercaya yang selalu aktif 24 jam. Info klinik atau RS yang tersedia pun tidak hanya yang berada di daerah Jabodetabek saja, tapi beberapa kota besar lain seperti Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Semarang, Surakarta, Sidoarjo, Jember, Padang, Badung, Denpasar dan Medan. Enaknya lagi, kalau kalian mau melakukan tes, bisa langsung membuat janji melalui aplikasi, jadi bisa bebas antre dan kita juga bisa tau berapa kira-kira harga untuk satu kali tesnya.
  
Source : Aplikasi Halodoc
     So, Stay safe everyone, tetap jaga jarak dan jaga selalu kebersihan.
  

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *