Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Selama Pandemi

Monday, June 29, 2020

     Nggak terasa ya, udah 4 bulan aja nih stay di rumah aja. Selama 4 bulan ini, apa saja sih yang sudah kalian lakukan untuk mengisi waktu selama beraktivitas di dalam rumah? Yang masih suka ngeluh bosen karena nggak bisa kemana-mana, mendingan coba lakukan beberapa hal positif ini deh, biar hari-hari lebih bermanfaat. Selamat mencoba!
  

1. Perdalam Skill Fotografi

     Punya kamera mahal, sayang banget kalau dianggurin. Selama pandemi kita memang nggak bisa kemana-mana, tapi hunting foto nggak cuma bisa dilakukan di luar rumah aja lho. Di dalam rumah juga bisa banget. Kalau kamu suka fotografi atau baru mulai mau menyukai dunia fotografi, kamu bisa coba dengan hunting foto produk, makanan atau foto-fotoin saudara dan keponakan kamu di rumah.
  
     Buat yang punya kamera digital, mirrorless ataupun DSLR, bisa banget mulai utak-atik lagi fitur yang ada di kamera kalian. Tapi yang nggak punya kamera canggih, bisa banget lho pakai kamera handphone ataupun laptop. Apalagi sekarang lagi trend banget virtual photoshoot. Dengan screen capture ditambah beberapa properti dan sentuhan editing dari aplikasi seperti Adobe Photoshop, Lightroom, VSCO atau yang lainnya kalian bisa menghasilkan gambar yang indah. Sesuatu yang indah pasti nggak bakalan bosen kan dilihat? Jadi nggak ada alasan lagi donk bilang bosen di rumah aja?
  
Berst Cameras for Bloggers - Your Essential Guide - Source : localadventurer.com

2. Nonton Drama Korea

     Trend K-Drama memang udah mendunia banget ya, apalagi di Indonesia. Pasar pecinta drama Korea di Indonesia benar-benar luar biasa. Banyak hal yang bikin drama Korea menarik minat untuk ditonton. Buat kamu yang belum pernah nonton drama Korea atau ngerasa "ih ngapain sih nonton drakor?", kalian mesti cobain nonton salah satu drama yang mungkin menarik perhatian. Setelah kalian nonton, kalian pasti bakalan tau kalau drama Korea itu memang memiliki jalan cerita yang menarik, kualitas akting pemain yang bagus, cerita yang nggak bertele-tele dan yang paling penting adalah setiap cerita itu pasti pesan moral yang bisa kita pelajari.
  
     Kebanyakan orang mungkin hanya melihat dari sisi pemain atau romantisme yang ada di dalam drama. Tapi kalau kita telusuri dengan baik, setiap drama yang relate sama kehidupan, itu pesan moralnya bagus banget. Contoh nih yang baru aja booming seperti "A World of Married Couple". Kalau di media sosial orang hanya komentar soal pelakor cantik atau bagaimana menghujat pemain yang antagonis, coba belajar lihat dari sisi lain. Jalan ceritanya tuh bagus banget, kayak menunjukkan sesuatu terjadi bukan tanpa alasan. Dan itu sering banget terjadi dalam kehidupan nyata, kita cenderung menyalahkan seseorang dari satu pihak tanpa melihat pihak-pihak lain yang terlibat di dalamnya.
  
     Nggak cuma drama itu aja, tapi hampir semua drama Korea selalu menyampaikan message yang bagus, walaupun dalam genre drama yang berbeda. Bahkan dalam genre fiksi seperti "The Legend of the Blue Sea" pun kita bisa ambil pesan moralnya. Sekarang tinggal kita mengubah cara pandang terhadap melihat sesuatu dengan lebih baik saja. Dijamin deh, selama pandemi kita masih bisa belajar tentang kehidupan di luar walau cuma berada di rumah aja.
  
The Legend of the Blue Sea - Source : hancinema.net

3. Ngeblog dengan Hosting Selama Pandemi

     Buat introvert yang lebih suka mengekspresikan diri lewat tulisan, nggak ada salahnya untuk mencoba menulis di blog. Nggak cuma introvert sih, ambivert ataupun extrovert bisa banget mulai menulis di blog. Apalagi sekarang dengan kecanggihan teknologi, kita bisa mencari apapun di dunia maya. Kalau selama ini kita suka browsing mencari informasi tertentu, gimana kalau sekarang gantian kita yang memberikan informasi yang sekiranya akan dibutuhkan orang-orang di dunia maya, info positif ya tentunya.
  
     Tulisan yang kalian buat bisa seputar review produk, apapun produknya ntah itu make up, skin care, makanan atau minuman. Bisa juga mengenai tips jalan-jalan di luar negeri atau dalam negeri. Pokoknya apapun tulisannya bisa berdasarkan ilmu atau pengalaman yang kalian punya. Saat ini, ngeblog pun bisa dijadikan penghasilan lho. Kalian bisa maintance blog dengan tulisan-tulisan bermanfaat yang nantinya bisa saja brand dari produk menginginkan kalian untuk menuliskan tentang produk mereka. Dan pastinya kalian akan mendapatkan kompensasi berbentuk uang serta produk tersebut.
  
     Namun jika ingin terlihat lebih profesional, kalian bisa ngeblog dengan hosting. Hosting ini diibaratkan sebuah lahan di mana kalian dapat membangun "rumah" di atasnya. Jadi nanti dalam website blog kalian bisa menyimpan informasi, file atau bahkan database yang berupa tulisan, gambar, script, video dan lainnya yang ingin ditampilkan. Nggak usah takut sama harganya, karena sekarang kita udah bisa beli hosting murah untuk website di Domainesia. Harganya mulai dari Rp 16.000 - Rp 64.000 aja, itupun udah termasuk gratis domain.
  
Domainesia.com

4. Latihan Dance di TikTok 

     Bisa dibilang aplikasi ini dulu dihujat banyak orang, tapi sekarang aplikasi ini malah jadi disukai hampir semua orang di dunia. Kalian nggak cuma bisa share dance-dance asik, tapi juga bisa berbagi tips melalui aplikasi ini. Walaupun kelihatannya cuma joget-joget, tapi nggak mudah lho bisa melakukan dance simple lewat aplikasi ini. Butuh ketrampilan mengingat dan gaya yang luwes juga. Saking susahnya, kita sebenarnya juga sekalian latihan dance sekaligus olahraga kan.
 
Tiktok Dance - Source : Youtube Learn How to Dance
     Nah, itu dia kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan selama pandemi. Kalian sudah coba yang mana? Atau malah sudah coba semuanya?

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *