By Chaca Atmika - Tuesday, October 30, 2018

Yeayy excited banget buat study visit kali ini, soalnya tujuannya ke Surabaya yang mana udah lama banget aku nggak pernah ke sana dan udah lupa banget Surabaya tuh bentuknya kayak apa hehe.

Jadi sebenernya semua fakultas di Universitas Pertahanan tuh study visitnya ke Surabaya, tapi tujuannya beda-beda dan berangkat dari Jakarta-nya juga nggak barengan dengan satu pesawat yang sama.

Fyi, aku di Universitas Pertahanan ini ngambil jurusan Damai dan Resolusi Konflik yang mana masuk ke Fakultas Keamanan Nasional. Jadi study visitnya barengan sama mahasiswa dari prodi Keamanan Maritim dan Manajemen Bencana.

Oiya, pagi ini aku nggak berangkat dari kampus di Sentul, tapi langsung dari rumah. Kalau dari Sentul rombongan pada jalan jam 5, aku juga dari rumah udah jalan dari jam 5 biar nggak ditungguin pas di bandaranya. Dan kenapa aku nggak berangkat barengan, soalnya malamnya aku abis ada acara, jadi daripada capek kan mesti ke Sentul dulu, medingan berangkat sendiri aja deh.

Mahasiswa Damai dan Resolusi Konflik di Bandara Soekarno Hatta
     Nyampe bandara Soekarno Hatta, ternyata aku malah jadi duluan nyampe, tapi untung aja udah ada temen-temen yang lain, jadi nggak cengo deh nunggu sendirian. Oiya hari ini tuh persis banget sama kejadian jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Jadi pas rombongan semua udah masuk ke ruang tunggu dan beberapa saat sebelum kita boarding, tiba-tiba di bandara heboh soal ada berita pesawat jatuh. Asli ya itu bikin panik banget, karena sebelumnya ada rombongan dari Fakultas Teknologi Pertahanan yang juga naik Lion Air. Dan buat kita yang bentar lagi boarding dan take off naik Lion Air JT 588 juga jadi worry gara-gara berita ini. Tapi kalau gue sih walaupun agak gimana gitu, ya udah pasrah aja apapun yang terjadi. Daripada tambah stres sendiri kan.

Rumah Makan Bu Rudy
     Yang harusnya kita berangkat jam 10 jadi molor dan efeknya juga bikin kita lebih lama nyampe bandara Juanda-nya. Jadi begitu nyampe kita langsung buru-buru naik bus dan menuju ke Rumah Makan Bu Rudy di Jl. Dharma Husada No. 140 Surabaya. Di sini aku pesen ayam bumbu rujak dan es jeruk yang rasanya asli enak banget. Walaupun pedes tapi bikin nagih. Swear!

Mahasiswa Damai dan Resolusi Konflik di PT DOK dan Perkapalan Surabaya
     Kelar makan siang, kita lanjut kunjungan ke PT DOK dan Perkapalan di Jl. Perak Bar. No. 433-435 Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya. Sayangnya gara-gara delay tadi, kita jadi terlambat. Padahal acara udah dimulai dan mahasiswa dari Fakultas Manajemen Pertahanan juga udah dateng. Di PT DOK dan Perkapalan ini kita hanya sharring session jadi nggak keliling ke tempat pembuatan atau perbaikan kapalnya.

Mahasiswa Fakultas Keamanan Nasional dan Fakultas Manajemen Pertahanan di PT DOK dan Perkapalan Surabaya
     Beres dari situ kita langsung menuju Hotel Crown Prince di Jl. Basuki Rahmat No. 123-127 untuk check in, mandi dan siap-siap lagi buat makan malam. Oiya di study visit kali ini aku tidurnya di kamar 1122 bareng Niza.

Hotel Crown Prince Surabaya
     Sekitar jam 18.30 kita semua udah siap buat makan malam di Rumah Makan Soto Lamongan Cak Har di Jl. Ir. Soekarno. Menu kali ini sama semua yaitu Soto Ayam, paling yang ngebedain cuma minumnya aja. Dan ada extra ceker, kikil atau apalah itu nama dagingnya yang rasanya juga enak banget dan super ngenyangin.

Soto Ayam Lamongan Cak Har Surabaya
Study Visit ke Surabaya Bareng Universitas Pertahanan - Day 1
Mahasiswa Fakultas Keamanan Nasional Makan Malam di Soto Ayam Lamongan Cak Har Surabaya
     Karena udah malem juga, jadi kita nggak ada kunjungan lagi kemana-mana dan langsung balik ke hotel Crown Prince. Tapi nggak langsung tidur, kita malah main UNO dulu di hotel haha. Jadi malam itu aku, Zahra, Agung, Eric, Miko, dan Mentor Sunu malah main UNO sampai jam 11 dan sukses bikin berisik kamar sebelah hha maapin yak. Well, besok kunjungan ke mana lagi nih ya?