Berbagi Kebersamaan di Panti Asuhan Tanjung Barat

Friday, February 16, 2018

     Akhirnya niat ke Panti Asuhan yang udah ada sejak jaman dulu kala bisa terealisasikan juga. Deg-deg-an banget karena ini pertama kalinya bikin acara sendiri dan ngurus semua-semuanya sendiri. Jadi awalnya cuma ngajakin Dini, tapi ternyata yang lain pada antusias dan mau ikutan juga. Jadi deh, Chaca, Dini, Lucksy, Ulfa dan Eka bener-bener bisa berbagi ke Panti.
     Karena pada bingung mau ke mana, akhirnya kita sepakat berbagi ke Panti Asuhan Tanjung Barat. Kebetulan tahun 2015 yang lalu, aku sempat disuruh nyari 10 anak Panti Asuhan buat diajak shooting Indonesia Morning Show dan akhirnya dikasih rekomendasi sama Merry tentang Panti Asuhan ini. Dan respon dari pengasuhnya juga bagus banget. Makanya daripada riset lagi, mendingan aku coba buat ke Panti ini aja. Karena aku juga belum pernah dateng langsung ke Panti ini sama sekali.
     Beberapa hari sebelum ke Panti ini, Dina yang udah lama lost contact karena alat komunikasi dan dia sempat sakit yang cukup menggangu juga tiba-tiba ngehubungin aku dan pas aku ajak ternyata dia mau banget. Wah seneng banget, alumni cewek-cewek KA 13 akhirnya bisa ngumpul lagi.
 
Chaca, Eka, Ulfa, Lucksy, Kimi, Dina dan Dini di Panti Asuhan Tanjung Barat
     Jam 3 sore kita semua udah nyampe di Panti Asuhan Tanjung Barat. Nggak susah sih buat nyari lokasi ini, karena alamatnya juga cukup jelas di Jl. Nangka No. 3 RT 005 RW 05 Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
     Begitu dateng, kita langsung dibukain pintu gerbang sama salah satu anak Panti Asuhan dan disambut sama 3 pengasuh dan anak-anak Panti yang pada sopan-sopan banget karena langsung salaman dan bantuin nurunin barang-barang dari mobil. Jadi agak kesindir gitu, karena biasanya kalau Mama atau Aji pulang, aku udah jarang banget salaman atau bantuin bawa barang. Bahkan kalau aku yang baru pulang juga udah jarang banget langsung nyamperin mereka, malah langsung masuk kamar aja. 
     Setelah semua barang turun, kita kumpul di ruang serba guna Panti Asuhan ini. Acara dimulai dari sepatah dua patah kata dari Dini sebagai perwakilan dari kita semua dan lanjut dari Bu Ayu dari pengasuh Panti Asuhan Tanjung Barat. Baru deh kita mulai games!
     Gamesnya kita bagi jadi 3 kategori, SD, SMP dan SMK. Dan karena hari ini tepat perayaan Imlek, jadi setiap pemenang dari tiap kategori bakalan dapet angpao. Games pertama untuk anak SD kita main tebak kalimat. Jadi kita minta bantuan salah satu anak untuk memperagakan kalimat yang nantinya harus ditebak sama ke-8 adik-adik SD ini. Awalnya sih mau cari 1 pemenang aja, tapi akhirnya kita ubah mereka jadi 2 kelompok yang nantinya pemenangnya bakalan 1 grup.
 
Panti Asuhan Tanjung Barat
     Beres games sama anak-anak SD, kita lanjut games sama anak-anak SMK. Di permainan kali ini kita main games rebutan kursi. Jadi ke-9 orang ini bakalan joget muterin bangku dengan diiringi musik. Ketika musiknya berhenti mereka harus rebutan duduk untuk jadi pemenang. Lucunya, mereka ini anaknya pada ngalahan dan nggak enakan haha. Jadi pas kursinya udah tinggal 3 dan 1, mereka tuh kayak nggak enak kalau harus menang dari temannya. Ada-ada aja deh.
     Lanjut, kita main games sama ke-13 anak SMP. Karena banyak dan kita nggak mau makan banyak waktu, jadi gamesnya lebih ke peragaan model. Jadi mereka ini satu per satu harus berlenggak lenggok dan pose di depan teman-teman yang lain. Pemenangnya ditentukan dari tepuk tangan yang paling banyak.
 
Panti Asuhan Tanjung Barat
       Seneng banget deh karena gamesnya sukses bikin anak-anak dan pengasuh panti pada ketawa ngakak ngeliat tingkah temen-temen mereka sendiri. Acara dilanjutin dengan unjuk bakat dari anak-anak panti. Mulai dari nyanyi, ngedance sama paduan suara. Awalnya mereka pada malu-malu, tapi nggak pakai lama, mereka akhirnya berani buat nunjukin bakat masing-masing.
   
Dance dari Anak-Anak Panti Asuhan Tanjung Barat 
     Dan aku sedih banget waktu mereka paduan suara dan nyanyiin lagu Cinta Satukan Kita yang dipopulerkan sama Judika. Aku baru pertama kali denger lagu ini dan liriknya tuh bagus dan menyentuh banget. Bahkan jauh lebih menyentuh dibandingkan pas Judika yang nyanyi. Oiya, pas paduan suara, mereka diiringi sama keyboard dan drum yang dimainkan sama anak-anak dari panti ini juga lho. Hebat banget ya.
 
Paduan Suara dari Anak-Anak Panti Asuhan Tanjung Barat
     Karena udah capek juga, sekarang saatnya makan! Di moment makan-makan ini, aku jadi tau kalau anak-anak yang ada di Panti Asuhan Tanjung Barat ini nggak semuanya benar-benar udah nggak punya orang tua, ada yang masih punya salah satunya dan ada juga yang terpaksa harus dititipkan di sini karena faktor ekonomi. 
     Beres makan, saatnya bagi-bagi angpao buat para pemenang dari tiap kategori tadi. Nggak cuma itu aja, kita juga ngasih hadiah hiburan buat 3 orang yang paling aktif selama acara berlangsung. Dan ditutup dengan penyerahan goodie bag untuk ke-30 anak panti asuhan ini. 
     Pas bagi-bagi goodie bag, aku nggak ikutan bagi-bagiin, nah pas terakhir ternyata sempat ada yang salah gitu goodie bagnya. Jadi aku udah nyiapin pas jumlah perempuan dan laki-lakinya, tapi temen-temen nggak aware jadi main kasih aja nggak liat gambarnya. Sampai akhirnya ada salah satu anak cowok yang dapet goodie bag bergambar hello kitty hehe. Pas kebingungan nyari gantinya, dia langsung bilang ke kita kalau nggak masalah kok Kak, nanti kan bisa tukeran. Ya ampun, aku denger dia ngomong kayak gitu langsung speechless. Soalnya nih, kalau aku ada di posisi dia, pasti aku udah yang bete dan ngotot minta ganti. Satu lagi sih yang aku pelajari dari mereka, arti bersyukur sama apa yang udah Tuhan kasih buat kita.
 
Panti Asuhan Tanjung Barat
     Sebelum benar-benar pulang, kita semua fotoan di depan Panti Asuhan Tanjung Barat. Dan aku kaget banget karena salah satu anak yang namanya Meldy itu ternyata inget sama aku, padahal udah 2 tahun yang lalu dan waktu itu dia masih kelas 6 SD. Jadi dia bilang ke Bu Ruth kalau kok kayaknya pernah liat kakak yang ini hehe. Dan pas aku lihat fotonya, ya ampun dia tuh udah berubah banget dari yang masih kecil jadi udah tinggi dan jago main drum juga.
     Semoga tahun depan kita ber-6 bisa berkunjung lagi ya ke Panti Asuhan ini ataupun panti-panti yang lain. Dan buat kalian yang pengen berbagi kebersamaan sama anak-anak di Panti Asuhan Tanjung Barat ini, bisa banget langsung dateng ke Panti ini atau berdonasi melalui :
 
Rekening Panti Asuhan Tanjung Barat : 
BRI 0193-01-000576-30-5 an PA Tanjung Barat atau
BCA 267-1478596 an Titi Rukmita / Mieke Michikawati 

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *