Sharing Pengalaman Memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Bogor

Sunday, April 21, 2019

     Ada yang berencana keluar negeri dalam waktu dekat tapi baru nyadar kalau masa aktif Paspor-nya udah mau habis? Nggak usah khawatir, soalnya sekarang aku mau sharing pengalaman memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bogor yang ternyata gampang banget!
     Udah pada tau kan ya kalau sekarang udah nggak ada istilah perpanjang Paspor, tapi bikin Paspor baru, yang artinya nomor Paspor kamu bakalan ganti setiap 5 tahun sekali atau setiap ganti Paspor baru. Nah, gimana sih caranya perpanjang Paspor dan apa aja sih syarat-syarat yang dibutuhkan?
  
Cara Daftar Perpanjang Paspor Melalui Website
     Banyak banget yang ngeluh susah buat perpanjang paspor melalui WhatsApp karena selalu aja kehabisan kuota. Nah sekarang kamu udah bisa perpanjang melalui website :
  
  
     Untuk masuk ke website ini, disarankan menggunakan Google Chrome ya! Log in bisa menggunakan 2 cara, yaitu menggunakan Google atau Facebook. Setelah itu nanti kalian akan diarahkan untuk mengisi data diri yang diperlukan sekaligus membuat nama akun dan password-nya. Kalau udah, kalian tinggal pilih mau memperpanjang di lokasi mana. Nantinya akan ada pilihan tanggal yang berisi jumlah kuota sekitar 200 per harinya dan ada warna yang menunjukkan kuota habis atau masih ada sisa.
     Kalau udah, nanti kalian akan dapat bukti pendaftaran antrian paspor online yang berisi tanggal, jam dan barcode. Bukti ini nggak perlu di print, tapi di foto aja untuk nanti ditunjukkan ketika di Kantor Imigrasi. Nggak usah khawatir kalau belum mendapat email konfirmasi karena memang email baru dikirim pagi-pagi banget sekitar jam 5-an di hari H jadwal kamu memperpanjang paspor.
  
Syarat Memperpanjang Paspor
  
     Di email yang akan kamu dapat pas hari H dikasih tau kalau kamu pemohon dewasa berusia 17 tahun ke atas, wajib bawa :
  1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik
  2. Kartu Keluarga
  3. Akte Lahir atau Ijazah atau Buku Nikah atau Surat Baptis
  4. Paspor RI bagi yang telah memiliki Paspor
     Sedangakan untuk pemohon anak-anak berusia di bawah 17 tahun wajib membawa :
  1. Kartu Tanda Penduduk Kedua Orang Tua
  2. Kartu Keluarga
  3. Akte Lahir
  4. Surat Nikah atau Akta Perkawinan Orang Tua
  5. Paspor RI orang tua yang masih berlaku
  6. Paspor RI bagi yang telah memiliki Paspor
     Semua persayaratan di atas wajib dibawa dan di fotocopy menggunakan kertas A4 ya, termasuk KTP. Jadi nggak usah di potong-potong kecil deh tuh KTP-nya. Dan untuk pemohon anak-anak, KTP kedua orang tua difotocopy dalam 1 lembar kertas A4 alias nggak usah dipisah-pisah.
     Selain syarat di atas yang wajib dibawa, pemohon juga wajib mengisi Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia Untuk Warga Negara Indonesia (PERDIM 11) serta Surat Pernyataan Orang Dewasa atau Orang Tua yang bisa di download secara online ataupun diambil secara langsung di Kantor Imigrasi dan ditandatangani menggunakan Materai 6000.
     Buat yang kelupaan fotocopy atau salah cara fotocopy-nya nggak usah khawatir karena di Kantor Imigrasi Kelas I Bogor ada tempat fotocopy dan penjualan materai kok. Jadi aman lah ya kalau ada yang kurang-kurang. 
  
Kantor Imigrasi Kelas I Bogor
Langkah-Langkah Membuat Paspor Ketika di Kantor Imigrasi Kelas I Bogor
  
     Kalau udah dapat jadwal bikin Paspor, kamu wajib datang di hari H, tapi nggak perlu ngikutin jamnya, jadi bisa dari jam 8 pagi. Pertama-tama kamu ambil formulir di Loket 1 yaitu Loket Permohonan Pelayanan Paspor. Ngambil formulir doank nggak perlu antri ya. Setelah kamu isi formulirnya, baru deh antri buat penyerahan data dan menunjukkan kode booking. Setelah itu kamu disuruh nunggu lagi buat dipanggil dan dapetin nomor antrian.
  
Loket 1 Permohonan Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bogor
     Setelah dapet nomor antrian, kita masuk ke dalam untuk nunggu dipanggil. Berdasarkan pengalaman sih, pemanggilannya cepet banget dan nggak lihat monitor nomor, tapi dipanggil berdasarkan nama. Jadi mesti didengerin karena nggak pakai pengeras suara juga.
  
Ruang Tunggu Kantor Imigrasi Kelas I Bogor
     Kalau udah masuk, kita diarahkan ke Ruang 2 yaitu Ruang Wawancara Pemohon Paspor. Di ruangan ini kita akan melakukan sesi foto, scan sidik 10 jari, selanjutnya wawancara yang isinya lebih ke konfirmasi data diri dan nantinya ditanyain juga tujuan buat paspornya tuh untuk apa. Baru deh kita dikasih nota pembayaran yang harus dibayarkan di bank ataupun pos. Biar lebih gampang memang mending bayar di mobil Pos yang tersedia di depan Kantor Imigrasi Bogor, karena lebih cepat dan langsung ketauan tujuan pembayarannya untuk apa. Biaya yang dibutuhkan untuk Paspor 48 halaman ini sebesar Rp 350.000 ya guys dan akan selesai dibuat dalam 3 hari kerja.
   
Ruang 2 : Wawancara Pemohon Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bogor
     Setelah 3 hari kerja, waktu itu aku bikinnya hari Jum'at dan datang lagi hari Rabu, kita langsung aja bawa bukti pembayaran ke Loket 3 yaitu Loket Pengambilan Paspor. Tunggu sampai nama kita dipanggil dan udah deh kalau dipanggil kita akan dikasih Paspor baru dan Paspor lamanya dibalikin juga. Nantinya kita bakal disuruh ngisi buku tanda terima Paspor dan beres. Gampang banget kan? Jadi nggak perlu lagi deh pakai calo untuk bikin Paspor sekarang.
  
Loket 3 Pengambilan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bogor

You Might Also Like

1 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *