7 Jenis Sepatu Lari yang Harus Kamu Bedakan Agar Tidak Mudah Cedera

Wednesday, September 07, 2016

     Lari bisa dibilang adalah jenis olahraga yang paling banyak diminati banyak orang. Karena selain mudah, kita bisa melakukan kegiatan lari di mana pun berada tanpa perlu suatu tempat yang khusus. Alat yang dibutuhkan juga hanya sedikit, yaitu sepatu lari. Tapi jangan sampai menyepelekan sepatu yang akan kita kenakan pada saat lari ya guys, karena ternyata jenis sepatu lari ini ada bermacam-macam sesuai medan dan tipe kaki tiap orang. Salah pilih sepatu lari malah bisa membuat kaki kita cedera.
   
Cross Training
Sepatu lari jenis ini dirancang untuk lari dan juga olahraga lainnya, seperty gym atau aktivitas keseimbangan yang memerlukan kontak dengan tanah lebih banyak. Biasanya sol sepatu yang digunakan lebih keras.
 
sumber foto : mixx-discotheque.com
Cushioned
Sepatu jenis Cushioned ini memiliki bantalan yang berguna untuk tipe kaki yang jatuh tegak lurus, dengan kata lain, kaki tidak terlalu ke dalam maupun keluar. Bantalan pada sepatu jenis ini dirancang untuk meredam benturan antara kaki ketika menginjak jalanan.
 
sumber foto : www.complex.com
Lightweight
Selain memiliki variasi lebih banyak di dalam cushioning, sepatu jenis Lightweight ini memiliki bobot yang paling ringan dibandingkan dengan semua jenis sepatu lari lainnya. Tipe sepatu seperti ini cocok untuk kita yang ingin meningkatkan kecepatan atau mengikuti lomba lari.
 
sumber foto : www.brandhousedirect.com.au
Motion Control
Jenis sepatu ini ditujukan untuk kaki yang jatuh terlalu dalam. Desain sepatu lari Motion Control dirancang untuk mengurangi dan mengontrol efek dari gerakan kaki yang juga berfungsi sebagai peredam. Biasanya sepatu dengan fitur ini terasa lebih berat dan merupakan jenis sepatu yang paling kaku. Namun sepatu jenis ini memiliki daya tahan dan stabilitas yang baik.
 
sumber foto : run-fit.com
Road Running
Jenis sepatu ini biasanya dipakai untuk kegiatan lari yang dilakukan di jalanan atau aspal dan sesekali sedikit menyimpang ke permukaan lainnya. Bantalan atau penyeimbang kakinya didesain ringan dan fleksibel saat kita akan melangkah berat secara berulang atau di permukaan kasar. 
 
sumber foto : www.bryanalano.com
Stability
Sepatu jenis Stability ini merupakan perpaduan antara jenis Motion Control dan Cushioned. Fungsinya untuk menjaga posisi kaki agar tidak bergeser di dalam sepatu.
 
sumber foto : www.munf.org
Trail Running
Kelebihan sepatu jenis Trail Running ini terletak pada material yang digunakan. Karena sepatu dengan jenis ini memang sengaja ditujukan untuk pemakaian di medan yang cenderung ekstrim, bukan sekedar aspal atau di tanah datar. Kita akan tetap merasa nyaman walaupun berlari di medan yang penuh batu, lumpur maupun akar karena perlindungan khusus yang diberikan jenis sepatu ini terhadap kaki.
 
sumber foto : www.gooutdoors.co.uk

You Might Also Like

1 komentar

  1. Hai Chaca, saya baru tau jenis-jenis sepatu lari nih. Kebetulan saya hobby lari. Terima kasih ya infonya.

    ReplyDelete

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *