Seberapa Penting Sebuah Penghargaan Bagi Kamu?

Saturday, July 23, 2016

     Kalau ditanya seberapa pentingnya sebuah penghargaan bagi gue, bakalan gue jawab penting banget! Kenapa sih menurut gue penting? Dulu gue sempet mengira apapun yang gue lakukan dan bermanfaat untuk orang lain, bakalan jadi kepuasan tersendiri buat gue. Tanpa perlu orang lain tahu siapa sih orang di balik hal-hal bermanfaat tersebut. Tapi nyatanya, kita harus ngakuin kan, ketika lo ngga show off dan nunjukkin siapa lo dan apa aja yang udah lo buat, orang lain bisa aja malah dateng dan ngaku-ngaku kalau merekalah orang dibalik semua kehebatan yang padahal sebenarnya itu hasil kerja keras lo, bukan mereka!
     Gue sebenernya bukan tipe orang gila pujian atau penghargaan. Tapi beberapa kali gue harus kecewa karena setiap karya atau hal baik yang gue lakukan, orang lain yang kecipratan untungnya, dengan kata lain, gue orang yang sebenarnya ada di balik itu semua malah ngga dianggap apa-apa. Dari situ gue mulai berfikir lebih rasional, kalau ternyata, emang bener ya, kita harus berani menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya. Penghargaan itu sebuah bentuk credit dari orang lain atas apa yang udah kita lakukan.
     Contoh kecilnya, gue termasuk orang yang suka foto makanan dan upload ke instagram. Nggak lupa juga biasanya gue bakalan nge-tag instagram restaurant tersebut. Dan udah beberapa kali, foto gue di re-post tanpa lupa ngasih credit kalau itu foto yang diambil dari instagram gue. Sepele banget kan? Tapi menurut gue berarti banget, soalnya itu menandakan karya gue dihargai dan diakui kalau gue yang ngebuat karya itu.
 
     Contoh lainnya ya di blog ini, gue termasuk yang rajin update tulisan di blog, apapun itu. Pembaca blog gue terkadang ngasih komen cuma buat say thanks sama tulisan gue yang ternyata bermanfaat bagi mereka. Atau ada juga yang copy isi blog gue tapi ngga lupa buat nulis sumber referensi di bawah artikel mereka. Dan ada juga yang ijin buat ngambil salah satu foto yang pernah gue share untuk di upload ke blog mereka. Menurut kalian mungkin hal-hal sepele kayak gitu ngga terlalu berarti ya, tapi buat orang yang udah cape-cape ngetik dan mikirin bahan tulisan buat sebuah artikel, terus ternyata di copy paste tanpa nyebutin sumber itu nyakitin banget. Bahkan menurut gue bisa dibilang pelanggaran hak cipta. Tapi buat mereka yang udah menghargai tulisan gue dan ngasih credit, itu jadi penghargaan banget. Gue pengen banget dihargai, so gue juga harus menghargai orang lain dengan nggak lupa mencantumkan sumber foto yang gue pakai di beberapa artikel blog ini.
     Penghargaan lain yang menurut gue penting itu, ketika gue menang suatu lomba dan berhasil mendapatkan hadiah, entah piagam, piala, uang tunai atau malah Voucher Belanja Sodexo yang bisa gue pakai di Merchant Sodexo manapun. Karena ketika gue berhasil menang dan mendapatkan hadiah, apalagi nama gue bisa terpampang di sebuah website itu jadi kebanggaan tersendiri dan bisa menimbulkan rasa percaya diri terhadap karya yang udah gue buat. Makanya kenapa gue bilang penting banget sebuah penghargaan bagi diri gue itu ya karena gue akan termotivasi untuk membuat sebuah karya yang lebih bagus lagi dan pastinya bermanfaat untuk orang lain.

You Might Also Like

1 komentar

  1. aku sebenarnya juga orang yang ngebantu orang lain itu ikhlas dan enggak usah deh di woro-woroin, tapi aku suebel ketika yang ngalakuin aku tapi diaku orang lain tapi kalau salah mah dilempar ke aku... :(

    ReplyDelete

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *