5 Aktivitas yang Harus Dihindari Agar Tidak Mengalami Insomnia atau Susah Tidur

Tuesday, July 12, 2016

     Banyak orang sering mengalami yang namanya susah tidur pada malam hari. Padahal, tidur malam yang cukup dan berkualitas penting untuk mengembalikan energi yang terpakai setelah seharian beraktivitas. Agar kegiatan tidur lebih mudah dilakukan, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menyebabkan mata menjadi susah terpejam ini.
   
Meminum Alkohol atau Kafein
Meski awalnya alkohol memiliki efek untuk menginduksi tidur, tapi kenyataannya alkohol justru akan menggangu kualitas tidur terutama di waktu pertengahan tidur. Untuk itu disarankan jangan mengkonsumsi alkohol beberapa jam sebelum tidur. Begitu juga dengan minum kafein yang terkandung pada kopi, soda dan minuman energi dalam jumlah besar akan mengalami susah tidur. Maka sebaiknya hindari konsumsi kafein setelah sore hari.
 
sumber foto : www.confusedsandals.com
Menggunakan Lampu yang Terlalu Terang
Pada saat tidur, sebaiknya gunakan lampu yang pancaran cahayanya tidak begitu terang. Tujuannya adalah membantu jam biologis agar dapat mengenali waktu istirahatnya serta melancarkan pelepasan hormon tidur atau melatonis yang hanya dapat bekerja secara maksimal bila paparan cahayanya minim atau gelap.
 
sumber foto : www.bintang.com
Menonton Konten Horor atau Bertema Kekerasan di Televisi
Seseorang yang melihat tayangan kekerasan atau bertema horor di TV bisa menimbulkan secondary trauma. Di mana orang tersebut akan merasa mengalami kejadian itu meski ia tidak berada di tempat kejadian. Sebaiknya hindari tayangan-tayangan tersebut jika memang tidak kuat melihatnya karena akan menimbulkan bayang-bayang yang menyebabkan kita menjadi susah tidur.
 
sumber foto : beauty.grivy.com
Melakukan Olahraga Berat Sebelum Tidur
Ketika melakukan olahraga berat, tubuh melepaskan adrenalin dan noradrenalin, yang mana merupakan 2 stimulan dalam tubuh yang meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh. Hal ini menyebabkan orang merasa lebih waspada dan terjaga. Akibatnya, akan menjadi susah untuk tidur. Jika memang ingin berolahraga, disarankan melakukannya minimal 2 jam sebelum tidur.
 
sumber foto : heraanwar.com
Terlalu Memikirkan Sesuatu
Setiap mengalami masalah sebaiknya jangan terlalu memikirkan masalah tersebut saat menjelang tidur. Jika itu terjadi, kadar hormon stres kortisol akan meningkat dan membuat proses memejamkan mata menjadi lebih sulit. Coba lakukan yoga atau rileksasi agar pikiran menjadi lebih rileks. 
 
sumber foto : www.wajibbaca.com

You Might Also Like

1 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *