Ayo Tekan Angka Kematian Ibu & Bayi Baru Lahir Melalui SMSbunda

Thursday, August 18, 2016

     Seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia menjadi negara dengan angka kematian Ibu tertinggi di Asia Tenggara. Tak hanya itu, sejak tahun 2002 tingkat kematian bayi baru lahir berusia 0-28 hari jumlahnya mencapai 60% dari keseluruhan kematian bayi di bawah usia 1 tahun. Walaupun mayoritas perempuan di Indonesia menerima perawatan antenatal selama kehamilan, ternyata hanya sekitar 53% saja yang mendapatkan informasi mengenai tanda-tanda komplikasi kehamilan selama kunjungan. Tingkat kematian ini sebenarnya bisa dicegah dengan penanganan yang tepat selama kehamilan, persalinan dan paska kelahiran.
     Seorang perempuan yang akan menjadi Ibu harus memiliki pengetahuan tentang praktek perawatan kesehatan, tanda bayi pada Ibu dan bayi yang baru lahir, serta perawatan dasar bayi baru lahir. Jika semua pengetahuan ini bisa dimiliki, diharapkan Ibu akan lebih mampu merawat diri dan bayinya, serta paham cara mencari penanganan disaat komplikasi terjadi. Dengan penanganan yang cepat dan tepat selama kehamilan dan sesudah kelahiran, kita bisa membantu menyelamatkan nyawa bayi dan Ibu.
sumber foto : www.growingyourbaby.com
     Informasi mengenai perawatan antenatal, kelahiran dan paska kelahiran ini bisa didapat oleh para Ibu hamil dan yang baru melahirkan melalui berbagai pengalaman dari para orang tua atau yang lebih dahulu mengalami masa-masa kehamilan, buku-buku bacaan atau majalah, bahkan yang terbaru yaitu melalui pelayanan berbasis SMS seperti SMSbunda.
     Melalui SMSbunda, Ibu yang tengah hamil atau baru saja melahirkan bisa mendapatkan informasi mengenai kehamilan dan masa nifas yang akan mendorong para Ibu untuk terhubung dengan sistem kesehatan secara langsung melalui telepon genggam. Menariknya, layanan ini bersifat gratis. Siapapun bisa mendapatkan informasi kesehatan Ibu dan bayi hanya dengan mendaftarkan nomor ponsel dan ketik SMSbunda ke 08118469468 tak lupa untuk mencantumkan juga tanggal perkiraan si bayi yang akan lahir.
     Selama masa kehamilan, SMSbunda akan mengirimkan informasi secara teratur seputar perawatan antenantal dan di bulan terakhir kehamilan akan memberikan informasi mengenai hari-hari pertama sesudah melahirkan. Tak sampai disitu, di bulan pertama kelahiran, SMSbunda juga akan mengirimkan informasi mengenai kesehatan Ibu dan bayi yang baru lahir hingga berusia 2 tahun.
SMSbunda (sumber foto : http://smsbunda.or.id/)
     Wah, baik sekali ya layanan yang didukung dan dikembangkan oleh GE Foundation ini. Ayo para Ayah dan Bunda, ikut nikmati fasilitas layanan SMSbunda dan bantu wujudkan program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan untuk menurunkan angka kematian Ibu melahirkan dan bayi baru lahir hingga 25%!

You Might Also Like

2 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *