Kamu Suka atau Pandai Menulis? 8 Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Karir Kamu

By Chaca Atmika - Saturday, August 06, 2016

     Punya bakat menulis itu luar biasa lho. Setiap ide yang ada di kepala butuh rangkaian kata-kata yang baik agar dapat diterjemahkan dan mudah dimengerti ke orang yang akan membacanya. Dengan menulis, kamu dapat menyalurkan pikiranmu, berbagi opini atau bahkan menjadi inspirasi orang lain. Punya bakat menulis, jangan hanya untuk disimpan sendiri, sekarang saatnya post karya kamu di media sosial atau blog agar orang lain bisa membacanya. Makin banyak orang yang mengenal bakatmu, makin banyak orang yang akan memberimu peluang. Dengan bakat menulis yang kamu punya, ada beberapa pekerjaan menyenangkan sesuai passion yang bisa jadi pilihan karirmu lho!
  

1. Blogger / Reviewer

     Untuk menjadi seorang blogger, kita harus suka menulis. Menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Intinya, kalau kita ingin mendapatkan penghasilan dari menjadi seorang blogger, kita harus mengisi blog yang kita punya dengan berbagai tulisan dan berupaya membesarkan blog tersebut. Kita bisa dibayar jika menampilkan iklan orang lain di blog. Jadi nantinya blog kita bisa seperti majalah atau korang yang menyediakan ruang iklan agar orang-orang bisa beriklan.
   

2. Jurnalis

     Serunya bekerja sebagai jurnalis, kita bisa bertemu dan mewawancarai narasumber langsung sebagai bahan berita yang akan kita buat. Biasanya tugas jurnalis  dimulai dengan kegiatan meliput, memuat berita, lalu menyebarluaskan peristiwa yang bernilai berita dan pandangan tersebut kepada khalayak melalui media massa, baik cetak maupun elektronik.
 
Kamu Suka atau Pandai Menulis? 8 Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Karir Kamu
sumber foto : www.harianbernas.com

3. Novelis

     Pekerjaan ini cocok banget nih buat kamu yang punya daya khayal tinggi. Daripada khayalan kamu cuma bisa disimpan sendiri, mendingan coba deh tuangkan ide-ide fantastis di kepala kamu dalam sebuat novel. Jangan pernah ragu untuk mencoba mengirimkan karya kamu ke penerbit. Kalau cerita kamu menarik, penerbit pasti ngga akan ragu untuk mencetak cerita kamu dalam sebuah novel. Setiap novel kamu yang terbit pastinya akan diberikan royalti lho.
 
Kamu Suka atau Pandai Menulis? 8 Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Karir Kamu
sumber foto : www.rollingstone.co.id

4. Ghostwriter

     Nah kalau pekerjaan menulis yang satu ini beda lagi. Kamu menulis untuk keperluan orang lain, seperti politikus atau public figure secara anonim untuk sebuah tulisan dalam bentuk biografi dan opini. Nantinya kamu akan mendapatkan kompensasi yang sebanding karena tidak menyebutkan nama kamu sebagai sang penulis.
 

5. Penulis Naskah / Skenario

     Sebagai penulis naskah, kamu diharuskan menciptakan dan menulis cerita dalam bentuk skenario. Tahapannya mulai dari membuat ide cerita, menjabarkannya dalam bentuk sinopsis lalu menuangkannya dalam bentuk treatment dan skenario. Biasanya penulis naskah / skenario mempunyai keahlian membuat transkripsi sebuah film, dengan kata lain, membuat film dalam bentuk tertulis.
  

6. Copywriter

     Tugas seorang copy writer itu biasanya berkaitan dengan bidang iklan atau komersial. Tujuannya adalah mempromosikan atau memasarkan sesuatu melalui huruf. Di sini tulisan kita akan menjadi bentuk komunikasi sebuah merk terhadap calon konsumen agar tepat sasaran.

  

7. Translator

     Kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, menjadi penerjemah bisa jadi salah satu pilihan pekerjaan lho. Beberapa tahun belakangan ini, bidang penerjemahan mulai memperoleh keberhasilan yang besar di seluruh dunia. Bahkan saat ini mulai banyak perkumpulan penerjemah di seluruh dunia termasuk Indonesia. Penerjemah sendiri terbagi menjadi 2, yaitu penerjemah tulisan (translator) yang hanya menerjemahkan tulisan atau teks dalam suatu dokumen dan penerjemah lisan (interpreter) yang menerjemahkan secara lisan.
 

8. Media Relations

     Dalam menjalin hubungan dengan media, biasanya diperlukan pemahaman media. Tugas seorang media relations adalah bagaimana caranya membuat seorang PR memahami suatu media yang akan digunakan untuk menjual atau membuat image positif dari suatu perusahaan atau organisasi kepada publik.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Banyak sekali job-job yang akan menunjang kita jika memiliki hobi menulis. Kalo jadi wartawan asik juga ya, kita bisa mengulik sebuah tema lalu menuliskannya melalui sudut pandang kita sendiri. Wartawan itu keren, punya kartu pengenal pers, bawa kamera, bawa notes dalam tas, dan masih banyak lagi :D

    Tapi untuk saat ini gue pengin fokus ke Blogger/Reviewer aja sih hehe

    ReplyDelete