7 Destinasi yang Bisa Dikunjungi di Karimunjawa

Thursday, August 04, 2016

     Bicara soal Karimunjawa, pasti yang terlintas di benak kita adalah keindahan alam bawah lautnya yang memiliki beraneka ragam biota laut. Pulau yang berjarak sekitar 83 km dari Jepara ini ditetapkan sebagai taman nasional sejak tahun 2001 oleh pemerintah Indonesia.Yang artinya Karimunjawa menjadi rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai dan hampir 400 spesies fauna laut. Itu berarti, nggak hanya keindahan bawah lautnya aja lho yang bisa jadi obyek wisata. Masih banyak lagi tempat yang bisa kita kunjungi ketika berada di Kepulauan Karimunjawa.
1. Bukit Love
Batu bertulisan LOVE ini dibangun sejak tahun 2014 di atas bukit yang mengarah ke laut. Jadi dari atas sini kita bisa melihat panorama bukit dan hamparan laut yang luas. Di sini juga jadi salah satu tempat sunset point yang indah lho. Biasanya pasangan suka datang ke bukit ini untuk mengabadikan moment-moment indah di Karimunjawa. Karena konon katanya, jika ada pasangan yang datang ke Bukit Love Karimunjawa, cintanya tersebut akan abadi selamanya dan yang belum menikah bisa segera menuju ke jenjang perkawinan. Wah, pasti pasangan-pasangan muda banyak yang tertarik nih ke sana.
Bukit Love (sumber foto : www.naturalsunrisetour.com)
2. Taman Kupu-Kupu
Taman yang didirikan pada 1 April 2014 ini dikenal juga dengan nama Karimun Butterfly Park dan menjadi tempat konservasi kupu-kupu dan ajang pendidikan dari berbagai spesies kupu-kupu. Di taman ini kita bisa lebih mengenal dan mendapatkan edukasi tentang kupu-kupu dari beberapa spesies yang dikembangbiakkan. Ada banyak koleksi kupu-kupu, mulai dari yang masih hidup sampai yang sudah diawetkan. Yang mau beli oleh-oleh juga bisa lho, karena ada banyak souvenir yang bertema kupu-kupu. Dan nggak hanya melihat kupu-kupu aja, di taman ini juga terdapat Gallery foto 3D Art, bioskop 3D Cinema, Jade Massage Theraphy, Resto Butterfly Park beserta permainan-permainan pasar malam tradisional. Kalau tertarik mengunjungi taman ini, sebaiknya datang sebelum pukul 10.00 pagi. Karena di pagi hari, kupu-kupu biasanya aktif untuk menghisap madu dan embun segar dari bunga-bunga yang tumbuh di taman tertutup, jadi kita bisa menyaksikan banyak spesies kupu-kupu yang sedang beratraksi diantara bunga-bunga.
Karimun Butterfly Park (sumber foto :mkarimunjawa-islands.com)
3. Pulau Cilik
Pulau ini jadi salah satu pulau yang nggak boleh dilewatkan bagi pecinta snorkeling. Saking jernihnya air, kita bisa melihat terumbu karang dan isi laut yang lain dari atas kapal. Kalau ingin berfoto degan latar terumbu warna-warni dan dikelilingi butterfly fish, jangan lupa untuk membawa remah-remah roti yang bisa menarik perhatian mereka. Kegiatan snorkeling ini bisa kita lakukan di sekitar dermaga kayu, tapi hati-hati ya, jangan sampai kaki katak atau fins yang kita kenakan menyentuh atau merusak terumbu karang yang ada. Selain menikmati keindahan bawah laut, di Pulau ini kita bisa duduk-duduk santai di bangku-bangku kayu panjang atau tiduran di hammock sambil menikmati hamparan laut hijau kebiruan dan menyeruput es kelapa muda.
Pulau Cilik (sumber foto : www.whynottravelnow.com)
4. Pulau Menjangan Kecil
Surga diving di Tanah Jawa ini memang menghabiskan waktu perjalanan yang cukup lama. Tapi itu semua terbayarkan ketika kita sampai dan melihat hamparan pasir putih dengan laut birunya yang bersih dan jernih dengan ombak yang tidak begitu besar. Cukup menyelam di kedalaman 20 meter saja, kita sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang hidup dan beraneka warna. Serunya lagi, kita bakalan banyak banget clown fish alias ikan nemo di sepanjang penyelaman.
Pulau Menjangan Kecil (sumber foto : www.sewavilladibali.com)
5. Pulau Menjangan Besar
Kalau di Pulau Menjangan Kecil kita bisa berenang sambil melihat ikan nemo, di Pulau Menjangan Besar kita berkesempatan untuk berenang dengan ikan hiu! Pulau seluas 56 hektar ini memiliki 2 kolam penangkaran dengan kelompok-kelompok ikan hiu yang jumlahnya banyak. Tapi tenang aja, hiu-hiu ini telah jinak dan tidak menyerag manusia. Nggak hanya hiu, di pulau Menjangan Besar juga terdapat kolam penangkaran penyu dengan puluhan tukik atau anak penyu yang nantinya akan dilepas di lautan bebas.
Pulau Menjangan Besar (sumber foto : jawa-karimun.blogspot.com)
6. Pulau Gosong
Salah satu pulau eksotis di Indonesia yang hanya berukuran kurang lebih sekitar 6x8 meter ini hanya memiliki pasir putih dan tidak terdapat pohon atau tumbuhan lainnya. Tapi walaupun pulau ini kecil, pemandangannya mampu menarik wisatawan untuk datang. Di pulau dengan background gunung Karimunjawa ini kita akan terlihat seperti berdiri di atas air laut dan bisa berenang dengan alas pasir putih yang halus. Untuk berwisata ke pulau ini, sebaiknya kita harus mencari waktu yang tepat, karena pulau ini hanya tampak ketika air laut sedang surut dan akan tenggelam ketika air laut sedang pasang. Cobalah untuk datang sebelum matahari terbit, karena saat itu pemandangan sunrise akan terlihat sangat indah. Disarankan juga untuk menggunakan alas kaki ketika menuju Pulau Gosong ini, karena terdapat ikan batu yang cukup berbahaya disekitar pulau.
Pulau Gosong (sumber foto : bestwisatakarimunjawa.com)
7. Pulau Kemujan
Di Pulau ini kita bisa melakukan tracking mangrove dengan melewati jembatan kayu yag disusun melewati hutan bakai sampau dengan Teluk Kemujan. Selama tracking, kita bisa melihat aneka ragam spesies Mangrove seperti bakau, tingi, Pedada, Api-Api dan lainnya. Untuk mengunjungi obyek wisata ini sebaiknya di pagi atau sore hari, karena pada siang hari cuacanya lumayan panas. Jangan lupa membawa obat nyamuk juga ya ketika tracking mangrove, agar tidak dimangsa nyamuk liar hehe.
Tracking Mangrove di Pulau Kemujan (sumber foto : id.wikipedia.org)

You Might Also Like

2 komentar

  1. saya cuma tau bukit love, banyak yang foto di tulisan love nya itu sih.. wahahaha, indah memang ya tempat itu. eksotis gitu..

    ReplyDelete
  2. Keren-keren semua,kira-kira butuh dana berapa ya kalau cuma buat menginjakkan kaki di karimun jawa?

    ReplyDelete

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *