5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Meminum Kopi

Sunday, August 21, 2016

     Meminum kopi sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tapi tahukah kamu, mengkonsumsi kopi ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan asal sesuai dengan porsi dan tidak berlebihan.
   
Bisa Menyehatkan Usus
Kopi merupakan salah satu jenis asupan yang bisa membantu menjaga keseimbangan usus. Hal ini dibuktikan dengan adanya riset yang di lakukan Dr Cisca Wijmenga dan timnya dari University of Groningen. Apapun yang dimakan seseorang akan berdampak langsung terhadap keragaman mikrobiome dalam usus. Semakin imbang pola makan, maka semakin beragam bakteri dalam usus dan ini merupakan pertanda baik.
 
Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar
Mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi sehari bisa menurunkan resiko kanker besar sebanyak 26%. Bahkan bagi mereka yang meminum lebih dari 2,5 cangkir setiap hari bisa menurunkan resiko terkena kanker usus hingga sebesar 50%. Hal ini disebabkan oleh antioksidan pada kopi yang dilepaskan saat proses roasting dan bukann karena kafeinnya.
 
Menurunkan Resiko Kanker Prostat
Asupan kopi sebanyak 2 cangkir per hari bisa menurunkan resiko kanker prostat sebesar 2,5%. Kalaupun sudah terkena kanker prostat, bisa mengurangi resiko kematian hingga 24%. Ini dikarenakan dengan kandungan senyawa-senyawa antiradang dalam kopi yakni cafestol dan kahweol yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.
 
Menurunkan Resiko Multiple Schlerosis
Orang yang rajin minum kopi lebih terlindungi dari resiko multiple schlerosis karena diyakini kandungan kafein mempunyai efek protektif atau perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang.
 
Mencegah Pengeroposan Tulang
Dengan mengkonsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari, dapat mengurangi resiko osteoporosis secara signifikan, terutama pada perempuan. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, malah akan menghilangkan zat-zat penting dalam tubuh seperti kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.
 
sumber foto www.pexels.com

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *