RULA Creative Hub Batch 1 - Social Media Optimization

Sunday, August 14, 2016

     Pertemuan kedua RULA Creative Batch 1 kali ini gue ngga telat donk! Horeee. Saking takut telatnya, dari malemnya gue udah nggak bisa tidur mikirin bisa bangun nggak ya besok, takut bablas dan yang terpenting gue takut banget telat, daripada dihukum disuruh stand-up comedy kan ya?
     Sekitar setengah jam sebelum acara dimulai, gue udah ready donk di Indosat Ooredoo. Hari ini pembicaranya Henry Manampiring yang bakal ngebahas tentang social media optimization. Mas Henry share pengalamannya sebagai blogger yang ngga sengaja kecemplung jadi penulis buku gara-gara ada penerbit yang tertarik buat nerbitin blognya jadi buku, ya macam Raditya Dika-lah. Dari hasil share-nya sih intinya kita sebagai penulis jangan suka latah ngikutin orang, tiap orang kan pasti punya ciri khas-nya masing-masing, ya kita nggak perlu ikut-ikutan ngikutin konten orang kalau ternyata itu bukan lo banget. Dengan nunjukkin keunikan diri lo sendiri, justru orang akan lebih tertarik dibanding lo harus jadi copycat orang lain.
     Selebihnya sih, kita sebagai penulis harus konsisten dengan materi yang kita buat. Jadiin tulisan lo sebagai sesuatu yang selalu ditunggu pembaca. Jangan takut buat nulis apapun dan jangan pernah menganggap apa yang kita tulis itu sesuatu yang nggak penting. Nggak ada yang tahu lho, sesuatu yang menurut kita sepele ternyata malah berarti besar buat orang lain. Dan yang terpenting lo harus menulis dari hati, jangan terlalu ambisius untuk membuat tulisan lo jadi terkenal tanpa merhatiin konten yang lo buat. Seru banget sih denger sharingnya Mas Henry, ya nambah pengetahuan juga buat gue sebagai seorang blogger baru yang hampir frustasi karena ngerasa tulisan gue kok kayaknya belum mencapai viral.
     Setelah sesi sharing, kita lanjut tanya jawab dan kali ini gue tetep nggak nanya apa-apa sih, soalnya ngerasa penjelasannya cukup banget. Acara dilanjutin dengan makan siang dan ngebahas beberapa artikel yang udah dibuat peserta RULA Creative Batch. Termasuk salah satunya artikel gue yang berjudul Kamu Pecinta Pokemon? Kunjungi 7 Tempat Makan yang Akan Membuatmu Lebih Cinta dengan Pokemon! Menurut Kak Ollie sih artikel gue ini bagus, secara konten dan gambar. Menariknya lagi, semua tempat ini ada di Indonesia. Tapi dia heran kena views-nya dikit. So, gue sebagai penulis sangat diharuskan untuk men-share artikel di semua sosial media yang gue punya biar banyak yang baca. Dan you guys, please baca artikel gue yah, share lalu komen haha.
     Sekitar jam 13.45 acara ditutup dengan sedikit informasi dari pihak Indosat Ooredoo yang ngasih tau kalau bakalan ada acara One Year Cipika Bookmate. Jadi Bookmate itu aplikasi dari Indosat yang isinya berbagai bacaan, sejenis cerpen dari berbagai penulis dan kita yang tertarik gabung sebagai penulis bisa langsung dateng ke acaranya tanggal 24 Agustus ini free! Tapi sebelum acara bener-bener berakhir kita punya PR lagi nih dari RULA. Selama seminggu ini kita punya tantangan yang kita buat sendiri dan harus dilakukan, sejenis social experiment, terus kita tulis buat bahan materi tulisan di RULA. Damn! Kira-kira gue bakal ngelakuin apa ya selama seminggu ini? Oh ya RULA Woman, sampai ketemu di next meeting tanggal 3 September yaa!

You Might Also Like

0 komentar

© chaca atmika 2010 - 2016. Powered by Blogger.

Popular Posts

Follow on Twitter

Contact Us

Name

Email *

Message *